Inginnya pergi traveling dengan ‘damai’ namun belum lagi sampai ke tujuan, pusing sakit kepala selama penerbangan sudah menghantui. Sebenarnya apa penyebab sering pusing sakit kepala saat naik pesawat terbang dan bagaimana cara mengatasinya dengan efektif dan aman?

Dilansir dari thehealthy.com, sekitar satu dari 12 orang mengalami ‘airplane headache’ atau pusing sakit kepala saat penerbangan. Para ahli percaya bahwa kondisi ini disebabkan oleh perubahan tekanan saat lepas landas, terbang di ketinggian, dan pendaratan. Tekanan ini mempengaruhi rongga sinus yang menyebabkan rasa pusing sakit kepala.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Headache and Pain telah menjelaskan lebih lanjut tentang penyebab kondisi yang melemahkan ini. Para ilmuwan dari Universitas Aalborg, Denmark, menemukan bahwa mereka yang menderita pusing sakit kepala ketika terbang memiliki peningkatan dua zat: hormon stres kortisol, dan prostaglandin E2 (PGE2).

Perubahan besar pada tekanan kabin saat lepas landas dan mendarat dapat menyebabkan kerusakan jaringan dan peradangan pada sinus. Ini melepaskan zat PGE2, yang dapat membuat pembuluh darah di otak meluas dan dengan demikian menyebabkan pusing sakit kepala. Untuk mengatasi masalah ini dengan efektif dan aman, Anda dapat memperhatikan hal-hal berikut ketika melakukan penerbangan.

Minimalisir stres

Stres adalah pemicu utama pusing sakit kepala, jadi mengurangi tingkat stres Anda akan membantu menghindari pusing sakit kepala selama penerbangan. Cara untuk menghindari stres adalah dengan melakukan perencanaan dan persiapan sebaik mungkin sebelum terbang.  Siapkan semua dokumen perjalanan Anda berangkatlah lebih awal ke bandara  agar Anda punya waktu ekstra untuk  kejadian tak terduga. Jika Anda terbang bersama anak-anak, pastikan dua hari sebelum keberangkatan semua kebutuhan yang diperlukan siap dalam satu tas dan tidak ada yang tertinggal.

Cukup minum air

Penyebab umum lain pusing sakit kepala saat terbang adalah dehidrasi. Sangat mudah untuk lupa minum ketika Anda dalam keadaan terburu-buru atau justru Anda sengaja membatasi minum  sehingga mengganggu penumpang lain dengan bolak-balik ke toilet peswat. Tetapi perlu diketahui, udara bertekanan di kabin dapat membuat dehidrasi lebih buruk, jadi yang terbaik adalah siapkan banyak air, dan minum sedikit namun sering untuk tetap terhidrasi dengan baik. Hindari camilan asin atau manis yang akan menambah rasa haus Anda. Ingat bahwa teh dan kopi juga dapat meningkatkan dehidrasi, jadi  jika memang ingin minum, minumlah secukupnya saja di samping air mineral.

Sediakan obat pereda sakit

Walaupun sudah melakukan tindakan preventif, namun tak ada yang tau apa yang akan Anda alami setelah lepas landas. Jika sudah terlanjur pusing sakit kepala, segera ambil langkah untuk menanggulanginya. Untuk Anda yang memiliki keluhan pusing sakit kepala dan sedang menjalani gaya hidup sehat, pilih inovasi terbaru dari bodrex, ahlinya obat pusing sakit kepala. Kini, bodrex hadir dengan varian bodrex Herbal Sakit Kepala. Obat herbal terstandar yang HALAL, yang telah terbukti secara ilmiah, dapat meredakan pusing sakit kepala. Khasiatnya didukung dengan bahan baku yang sudah terstandardisasi dan juga cara produksi yang sudah memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). 

Mengandung Fevervew (anti inflamasi),  Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) yang diproses menggunakan teknologi modern serta dikemas secara praktis untuk atasi pusing sakit kepala dengan alami dan cepat.

ARTIKELTERKAIT

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita
30-November-2019

Mengklasifikasi Pengobatan Herbal di Sekitar Kita

bahwa kini obat-obatan herbal telah distandardisasi. Bahkan, obat-obatan herbal bisa diklasifikasi dalam beberapa jenis berikut ini. .... read more
Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal
29-November-2019

Mungkinkah Menghilangkan Sakit Kepala dengan Obat Herbal

pengembangan obat-obatan herbal pun semakin maju. Kini pertanyaannya, mungkinkah menghilangkan penyakit dengan obat herbal? .... read more
5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala
28-November-2019

5 Kegiatan Positif untuk Hilangkan Pusing sakit kepala

Salah satu cara untuk menghilangkan pusing sakit kepala yang dipicu oleh stres adalah dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif sebagai .... read more