Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas cukup padat setiap harinya. Pasalnya, sakit kepala tegang atau yang disebut dengan tension headache terkadang terjadi secara mendadak dan dirasakan di sekitar mata, tengkuk, dan pundak sehingga cukup mengganggu. Meski masih belum dipastikan penyebab sebenarnya keluhan yang satu ini, namun sakit kepala tegang bisa dipicu oleh beberapa faktor, seperti stress, kurang tidur, kelelahan, melewatkan waktu makan, atau karena mengalami mata lelah.

Apa saja gejala sakit kepala tegang?

Sebelum mengetahui tips mengatasi sakit kepala tegang, berikut ini beberapa gejala yang mungkin timbul saat mengalami keluhannya terjadi.

  • Sakit kepala yang cukup mencengkeram di bagian depan, atas, maupun samping kepala. Biasanya terjadi di siang hari dan semakin parah menjelang sore
  • Kepala terasa berdenyut saat bangun dari posisi tidur maupun duduk
  • Otot di sekitar kepala, tengkuk, leher hingga pundak terasa nyeri
  • Tubuh terasa sangat lelah dan kesulitan untuk tidur

Tips mengatasi sakit kepala tegang?

Sakit kepala tegang pun bisa dikategorikan dalam beberapa tingkatan, mulai dari nyeri ringan hingga berat yang sangat mengganggu aktivitas. Oleh karena itu, simak beberapa tips mengatasi sakit kepala tegang yang bisa Anda lakukan agar keluhannya tidak semakin parah berikut ini.

  • Menghentikan segala aktivitas yang sedang dilakukan. Memaksakan diri untuk menyelesaikan pekerjaan hanya akan membuat tubuh menjadi semakin lemah dan keluhan sakit kepala pun juga bisa bertambah parah.
  • Langkah selanjutnya adalah mengompres bagian dahi menggunakan handuk yang dibasahi menggunakan air hangat.
  • Anda juga bisa melakukan pijatan ringan di bagian pelipis, dahi, dan juga daerah sekitar pundak serta leher untuk meredakan rasa nyeri di kepala.
  • Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral yang cukup untuk mmenuhi cairan tubuh sekaligus meningkatkan kadar oksigen dalam otak.
  • Minum obat pereda sakit kepala tegang yang mengandung Paracetamol sebagai analgesik yang dipercaya mampu mengatasi sakit kepala.

Source: Alodokter