Tips Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala Saat Mudik

Tips Mencegah dan Mengatasi Sakit Kepala Saat Mudik

Lamanya perjalanan yang harus ditempuh dan kondisi jalanan yang cukup macet selama mudik menjadi penyebab umum sakit kepala yang dialami oleh para pemudik. Tak heran jika pada akhirnya perjalanan menjadi sangat melelahkan dan terasa semakin berat. Jika hal ini terjadi, apa yang harus dilakukan? Yuk, simak penjelasannya di sini!

Penyebab sakit kepala saat mudik

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi sakit kepala saat mudik, simak dulu beberapa kemungkinan penyebabnya berikut ini.

  1. Dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh yang membuat pasokan oksigen ke otak semakin berkurang dan menyebabkan sakit kepala.
  2. Kurang istirahat.
  3. Bermain gadget saat perjalanan.
  4. Mabuk perjalanan.
  5. Perubahan tekanan udara saat naik pesawat terbang.

Cara mencegah dan mengatasi sakit kepala saat mudik

Agar perjalanan mudik terasa lebih nyaman dan menyenangkan, simak tips mencegah dan mengatasi sakit kepala yang mungkin muncul berikut ini.

1. Memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik

Bila kamu memutuskan untuk tidak berpuasa saat melakukan perjalanan mudik, maka pastikan untuk mengonsumsi makanan bergizi saat sarapan untuk menjaga stamina dan daya fokus selama berkendara.

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Sakit kepala yang muncul saat mudik juga bisa terjadi akibat dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk memenuhinya dengan baik, ya. Bila perlu, sediakan perbekalan air mineral yang cukup selama perjalanan, ya!

3. Hindari begadang

Menjelang waktu mudik tiba, sebaiknya hindari kebiasaan begadang. Sebaliknya, manfaatkan waktu untuk beristirahat dan berolahraga untuk mempersiapkan stamina dengan baik. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan tubuh agar terhindar dari cedera dan kelelahan yang berlebihan.

4. Istirahat secara berkala

Melakukan perjalanan jauh saat mudik tentunya akan menghabiskan banyak tenaga. Jika kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi, coba atur waktu untuk beristirahat secara berkala saat di perjalanan. Misalnya adalah dengan melakukan pola 3-2, yaitu berkendara selama tiga jam dan diselingi istirahat selama dua jam yang bisa diisi dengan makan jikakamu sedang tidak berpuasa, bersantai, tidur, atau melemaskan otot sebelum kembali melanjutkan perjalanan. Bila memungkinkan, kamu bisa minta anggota keluarga lain untuk bergantian menyetir mobil saat mudik. Dengan begini, kamu bisa memanfaatkan waktu lebih banyak untuk beristirahat.

5. Minum vitamin dan suplemen

Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. Jika memutuskan untuk berpuasa, kamu tetap bisa mengonsumsinya saat sahur, kok.

6. Atur posisi duduk dengan baik

Usahakan untuk duduk dengan posisi tegap dengan kepala tidak terlalu menunduk. Sebab posisi membungkuk dan kepala menunduk dalam waktu yang lama dapat membuat otot di bagian bahu dan leher menjadi tegang, sehingga dapat memicu timbulnya sakit kepala.

7. Berikan pijatan ringan di kepala

Saat sakit kepala melanda, coba melipir sejenak untuk beristirahat. Pijat atau beri tekanan di bagian pelipis dan tengkuk menggunakan jari tangan. Meski tidak langsung membuat sakit kepala hilang, namun cara yang satu ini bisa membuat keluhan terasa lebih ringan.

8. Minum obat sakit kepala yang tidak menyebabkan ngantuk

Kamu juga bisa mengatasi sakit kepala yang muncul saat mudik dengan minum obat sakit kepala yang efektif meredakan rasa nyeri di bagian kepala. Mengingat bahwa kamu harus menyetir kendaraan, maka pastikan untuk memilih obat yang tidak menyebabkan ngantuk dan dapat dikonsumsi sebelum makan, ya. Dengan begini, kamu bisa meredakan sakit kepala dengan segera, deh!