Akhir tahun sering menjadi momen liburan yang dinantikan. Biasanya, musim liburan sudah dimulai menjelang hari raya Natal dan berlanjut hingga tahun baru. Tak heran, banyak orang yang tidak ingin melewatkan momen liburan panjang ini. Tingginya minat untuk berlibur ini mengakibatkan liburan akhir tahun menjadi ‘peak season’ dalam dunia pariwisata. Jika Anda ingin berlibur di akhir tahun dengan biaya yang lebih murah. Lakukan tip di bawah ini.

Pesan tiket jauh hari
Jika ingin liburan ke kampung halaman atau daerah wisata favorit lainnya, tidak ada salahnya untuk membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Idealnya carilah tiket kereta atau pesawat sejak H-3 bulan. Sebab, tiket perjalanan ke daerah-daerah favorit biasanya sangat cepat habis. Jadi, jika tidak ingin kehabisan tiket atau mengeluarkan biaya yang lebih besar, sebaiknya jangan beli tiket terlalu mepet ya.

Memantau harga tiket
Jika daerah tujuan Anda bukan tempat wisata yang populer namun cukup jauh dan harga tiketnya tergolong mahal, cara menyiasatinya adalah dengan cara rajin memantau harga tiket di website maskapai penerbangan. Kadang-kadang harga tiket bisa naik dan turun (dan naik lagi) dalam waktu relatif singkat. Dengan rajin memantaunya, Anda bisa membeli tiket ketika harganya sedang turun.

Rajin cari promo
Jika sudah berencana liburan sejak lama, tidak ada salahnya rajin mencari informasi tentang promo tiket ataupun datang ke acara travel fair yang biasanya sering digelar. Memang sih Anda harus bersaing dengan peminat lain dengan antre berjam-jam. Tetapi selama harga yang ditawarkan menarik, mengapa tidak?

Hunting tempat menginap
Cari informasi tempat menginap dengan teliti. Jangan terlalu mepet. Banyak hotel yang penuh jika kamu memesan terlalu dekat dengan periode liburan. Rate-nya juga bisa meningkat. Rajin-rajinlah membandingkan harga dari website pemesanan hotel. Agar bisa mendapatkan kamar dengan harga dan fasilitas yang sesuai keinginan Anda.

Cari bantuan relasi
Ingin menghemat biaya lebih besar? Coba hubungan teman atau keluarga dekat Anda. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan tempat menginap gratis!

Pergi dalam rombongan besar
Berlibur bersama rombongan besar (keluarga dan teman-teman), bisa membuat biaya liburan dengan lebih hemat lho. Pasalnya, Anda bisa membagi rata harga akomodasi (sewa vila misalnya) dan transportasi liburan (uang bensin dan carter kendaraan misalnya). Semakin banyak jumlah orang dalam rombongan, maka semakin kecil biaya yang harus Anda keluarkan.

ARTIKELTERKAIT

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram
30-March-2019

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram

3 Profesi yang Paling Sering Alami Sakit Kepala Mencengkram - Mengapa demikian? Sebab, bisa saja perilaku dan kegiatan sehari-hari adalah .... read more
Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah
24-March-2019

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah

Hati-hati, 4 Momen Penting Ini Bisa Kacau Akibat Sakit Kepala Sebelah - Beberapa tips ini mungkin bisa Anda coba pada .... read more
Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?
15-March-2019

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan?

Kapan Sakit Kepala dan Pusing Perlu Dikhawatirkan? Sebagian sakit kepala mungsin saja memang hanya gangguan kesehatan ringan atau kelelahan yang .... read more