Tips Jitu Mencegah Sakit Kepala Tegang Berulang Lagi

Tips Jitu Mencegah Sakit Kepala Tegang Berulang Lagi

Sakit kepala tegang adalah jenis sakit kepala yang membuat Anda merasakan seolah-olah ada cengkraman kuat di bagian belakang kepala dan leher. Ada banyak faktor yang diduga bisa menjadi pemicunya, namun stres dianggap sebagai salah satu hal yang cukup berpengaruh pada jenis sakit kepala ini. Ketika sakit kepala tegang menyerang, Anda mungkin masih bisa beraktivitas, namun tentu saja terasa sangat mengganggu sehingga tidak bisa mengerjakan sesuatu secara optimal. Durasi sakit kepala tegang juga bervariasi, bahkan bisa sampai berjam-jam. Daripada terganggu, ada baiknya Anda menerapkan tips jitu mencegah sakit kepala tegang berulang lagi, berikut ini!

Hindari stres fisik

Sakit kepala tegang seringkali berhubungan dengan kondisi fisik Anda. Bila ada bagian tubuh yang terlalu lelah seperti mata, punggung, pundak, atau leher, maka jangan heran jika akhirnya berimbas dengan timbulnya sakit kepala tegang. Jika Anda tidak ingin sakit kepala tegang berulang lagi, hindarilah aktivitas fisik berlebih yang dapat menimbulkan stres atau rasa lelah berlebih pada bagian tubuh Anda. mIsalnya saja menatap layar gadget terlalu lama, duduk dalam posisi yang sama dalam waktu lama, dan mengangkat barang yang terlalu berat.

Atasi stres psikis

Tidak hanya stres secara fisik, stres secara psikis juga bisa memicu sakit kepala tegang. Oleha karena itu jika Anda mengalami stres psikis, maka sebaiknya segera diatasi. Caranya? Tergantung seberapa besar masalah yang Anda alami. Jika hanya stres ringan, Anda bisa mengatasinya dengan melakukan hobi, mengubah rutinitas, pergi berlibur, ataupun bercerita pada orang terdekat. Namun jika stres yang Anda alami lebih berat, Anda mungkin membutuhkan bantuan profesional dari psikolog atau psikiater.

Mengonsumsi obat sakit kepala

Penderita juga dapat mengonsumsi obat sakit kepala yang mengandung kombinasi paracetamol dengan ibuprofen yang efektif dalam mengatasi sakit kepala tegang, agar dapat kembali beraktivitas dengan nyaman.