Tips Aman Menyimpan Obat

Tips Aman Menyimpan Obat

Penyakit sering datang tanpa diduga. Menyimpan persediaan obat di rumah memang pilihan bijak. Tapi menyimpan obat ada aturannya. Jangan sampai khasiatnya menjadi hilang bahkan jadi bumerang hanya karena penyimpanan yang salah. Perhatikan ini ketika menyimpan persediaan obat-obatan di rumah.

1. Jauhkan dari jangkauan anak-anak. Jangan sampai mereka punya kesempatan bermain-main dengan obat-obatan. Bahaya jika mereka tanpa sengaja menelannya karena bisa keracunan.

2. Pilih tempat yang sejuk, kering, dan tidak terkena sinar matahari. Hindari menyimpan obat-obatan dalam rak di kamar mandi. Suhu di sana berubah-ubah dari lembap ke hangat. Hal itu bisa merusak khasiat obat.

3. Perhatikan tanggal kedaluwarsa. Biasanya kodenya berupa tulisan “exp” pada kemasan. Amannya bersihkan lemari obat-obatan setidaknya setahun sekali.

4. Untuk obat cair/ sirup simpan di suhu kamar. Jika segelnya sudah dibuka sebaiknya tidak lagi dikonsumsi setelah seminggu. Sementara kalau disimpan di dalam lemari es masih bisa dikonsumsi dalam jangka waktu satu bulan.

5. Selain tanggal kedaluwarsa, sebaiknya perhatikan juga perubahan fisik yang terjadi pada obat. Hindari mengonsumsi obat yang sudah berubah warna atau berbau tidak wajar. Obat cair yang sudah mengalami pengendapan juga sebaiknya dibuang saja meski waktu kedaluwarsanya masih lama.

6.  Ada baiknya tetap menyimpan obat dalam kemasan asli untuk menghindari kemungkinan tertukar.
 

Foto: Shutterstock