Ternyata Ini Alasan Mengapa Flu Selalu disertai Batuk

Ternyata Ini Alasan Mengapa Flu Selalu disertai Batuk

Flu dan batuk adalah dua penyakit langganan yang seringkali muncul bersamaan terutama saat musim pancaroba. Meski flu dan batuk adalah penyakit yang berbeda, namun keduanya seringkali muncul secara bersamaan. Menurut artikel yang dilansir dari situs kesehatan Halodoc.com, hal ini muncul karena saat flu menyerang melalui lapisan hidung maka tubuh akan merespons dengan melepaskan senyawa mediator seperti tachykinin, peptide, dan leukotriene yang membuat tenggorokan terasa sakit dan menyebabkan batuk saat flu terjadi.

Selanjutnya, menurut artikel yang dimuat dalam laman situs kesehatan helloSEHAT menjelaskan bahwa sebagian besar kasus batuk yang terjadi saat flu merupakan batuk kering yang disertai beberapa gejala lain seperti demam, bersin, sakit kepala, sakit tenggorokan, kelelahan, dan juga badan yang menggigil. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera minum obat untuk membantu meredakan beberapa gejala ini, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu yang disertai batuk, mulai dari mengonsumsi madu untuk melegakan tenggorokan, banyak minum air putih hangat untuk melembapkan tenggorokan dan mengurangi lendir, menghirup uap panas, istirahat cukup selama 6-8 jam setiap malam, mengonsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengonsumsi obat flu dan batuk.

Jika Anda mengalami batuk kering saat flu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, maka pilihan obat yang pmengandung kombinasi formula Paracetamol untuk menurunkan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) bekerja secara Pas & Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk, dan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak untuk  meredakan batuk tidak berdahak yang disertai gejala flu lainnya seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Namun sebaliknya, jika batuk yang Anda alami saat flu adalah jenis batuk berdahak, maka segera minum obat yang mengandung Guaifenesin dan Bromhexine yang berperan dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, Paracetamol yang berfungsi untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja Pas dan Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk.

Selain itu Anda juga bisa mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya untuk membantu menjaga stamina tubuh.