Flu dan batuk adalah dua penyakit langganan yang seringkali muncul bersamaan terutama saat musim pancaroba. Meski flu dan batuk adalah penyakit yang berbeda, namun keduanya seringkali muncul secara bersamaan. Menurut artikel yang dilansir dari situs kesehatan Halodoc.com, hal ini muncul karena saat flu menyerang melalui lapisan hidung maka tubuh akan merespons dengan melepaskan senyawa mediator seperti tachykinin, peptide, dan leukotriene yang membuat tenggorokan terasa sakit dan menyebabkan batuk saat flu terjadi.

Selanjutnya, menurut artikel yang dimuat dalam laman situs kesehatan helloSEHAT menjelaskan bahwa sebagian besar kasus batuk yang terjadi saat flu merupakan batuk kering yang disertai beberapa gejala lain seperti demam, bersin, sakit kepala, sakit tenggorokan, kelelahan, dan juga badan yang menggigil. Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera minum obat untuk membantu meredakan beberapa gejala ini, sehingga memungkinkan Anda untuk dapat kembali beraktivitas dengan nyaman dan mendapatkan istirahat yang cukup.

Lalu Bagaimana Cara Mengatasinya?

Begitu banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi flu yang disertai batuk, mulai dari mengonsumsi madu untuk melegakan tenggorokan, banyak minum air putih hangat untuk melembapkan tenggorokan dan mengurangi lendir, menghirup uap panas, istirahat cukup selama 6-8 jam setiap malam, mengonsumsi vitamin C untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, hingga mengonsumsi obat flu dan batuk seperti bodrex Flu & Batuk yang hadir dalam kemasan sirup dan tablet praktis.

Jika Anda mengalami batuk kering saat flu dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada tenggorokan, maka pilihan obat yang paling cocok adalah bodrex Flu & Batuk PE yang mengandung kombinasi formula Paracetamol untuk menurunkan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, Phenylephrine (PE) bekerja secara Pas & Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk, dan Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak untuk  meredakan batuk tidak berdahak yang disertai gejala flu lainnya seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat.

Namun sebaliknya, jika batuk yang Anda alami saat flu adalah jenis batuk berdahak, maka segera minum bodrex Flu & Batuk Berdahak PE dengan kandungan Guaifenesin dan Bromhexine yang berperan dalam mengencerkan dahak dan mengeluarkan dahak, Paracetamol yang berfungsi untuk meredakan gejala flu seperti demam dan sakit kepala, sedangkan Phenylephrine (PE) bekerja Pas dan Efektif membantu melegakan pernapasan dan tenggorokan tanpa menyebabkan kantuk.

Selain itu Anda juga bisa mulai membiasakan diri untuk menerapkan pola hidup sehat dengan berolahraga minimal 30 menit setiap harinya untuk membantu menjaga stamina tubuh.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION
03-April-2020

Tempo Scan Group (TSG) CSR COVID-19 – BNPB DONATION

Tempo Scan Group telah merealisasikan penyerahan bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana sejumlah Rp 10 Miliar untuk membantu mengatasi wabah .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
17-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more
Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
10-March-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more