Terkena Flu saat Punya Anak Batita

Terkena Flu saat Punya Anak Batita

Serba salah rasanya kalau terkena flu dan batuk saat harus merawat anak batita. Apalagi kalau anak kamu masih dalam periode ASI eksklusif. Ingin dekat-dekat, takut menulari. Tapi kalau jauh-jauh, si kecil membutuhkan kita. Agar tidak bingung dalam menghadapi situasi seperti ini, kamu perlu mengetahui langkah apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat harus merawat anak dalam kondisi flu.

Boleh dilakukan
1. Jika kamu ibu menyusui, kamu tetap boleh melanjutkan menyusui. Karena ASI mengandung zat antibodi yang sangat dibutuhkan bayi kamu untuk melawan infeksi.
2. Gunakan masker agar anakmu tidak terpapar virus dan kuman baru.
3. Batasi kontak langsung dengan anak.
4. Letakkan bayi kamu untuk tidur di dalam boks bayi.
5. Makan makanan bervitamin dan bergizi tinggi agar daya tahanmu cepat pulih.

Tidak boleh dilakukan
1.Tidak perlu menyalahkan siapapun saat anakmu tertular flu. Paparan virus ini memang sulit dihindari. Itu sebabnya daya tahan tubuh sangat diperlukan untuk cegah virus membuat kita jatuh sakit. Di lain pihak, daya tahan batita yang belum terbentuk sempurna pasti akan membuatnya rentan terhadap penyakit. Kemungkinan besar bahkan anak sudah terlanjur terpapar virus Flu sejak sebelum orangtuanya menunjukkan gejala sakit.
2. Kamu tak boleh lupa untuk mencuci tanganmu sesering mungkin terutama saat baru tiba dari luar  rumah untuk menghindari paparan virus dan kuman penyakit.
3. Jangan menyentuh bayi sebelum ganti baju dengan baju bersih. Lebih baik lagi jika kamu mandi atau membersihkan tubuh lebih dulu sebelum menggendong bayi.
4. Jangan bersin atau batuk di depan bayi tanpa ditutup tisu.