Anda pasti tahu bagaimana penyakit menyebar. Umumnya, penyakit timbul karena paparan kuman dan virus pada tubuh kita. Salah satu penyebaran penyakit yang disebabkan oleh virus adalah flu. Mungkin, selama ini Anda tidak sadar bahwa aktivitas sehari-hari yang Anda lakukan dapat menyebabkan paparan kuman dan virus terjadi. Berikut ini adalah sejumlah aktivitas sumber penyebaran virus yang sering Anda alami tanpa sadar:

1. Berdekatan dengan penderita flu
Hati-hati jika ada rekan kerja atau anggota keluarga yang sedang terkena flu. Sebaiknya Anda jangan bertinteraksi terlalu dekat dulu dengan mereka. Pasalnya, virus flu sangat mudah berpindah melalui udara, khususnya di ruangan tertutup yang menggunakan pendingin ruangan. Jika yang terkena flu adalah rekan yang duduk persis di sebelahmu, mintalah ia untuk mengenakan masker utnuk mencegah penularan flu.

2. Menggunakan peralatan makan yang sama
Saat sedang bersama dengan teman atau keluarga dekat, pasti kamu sering saling berbagi makanan dan minuman dengan mereka. Bahkan, dengan menggunakan sendok, gelas, atau pipet yang sama. Jika hal ini dilakukan ketika kedua belah pihak sedang sehat, memang tidak masalah. Namun, jika salah satu pihak sedang menderitaflu, bisa-bisa yang lainnya ikut tertular. Pasalnya, air liur juga menjadi tempat bersemayamnya berbagai virus. Jika kamu menggunakan peralatan makan yang sama dengan penderita flu, tidak heran potensi tertular jadi lebih besar.

3. Berjabat tangan
Waspadalah jika Anda harus sering berjabat tangan dengan orang lain. Misalnya ketika sedang menghadari pesta atau acara keluarga. Pasalnya, telapak tangan adalah bagian tubuh yang rawan terpapar virus. Ketika seseorang sedang batuk atau bersin, ia akan cenderung menutup hidung dan mulutnya dengan telapak tangan. Lalu, bayangkan jika Anda berjabat tangan dengan seseorang yang telapak tangannya sudah terpapar virus flu kemudian memegang hidung, wajah, atau makanan Anda. Tentu virus tersebut akan berpindah dengan mudah dan bisa menyebabkan Anda tertular. Berjabat tangan memang tidak bisa dihindari, namun pastikan Anda membersihkan tangan dengan mencucinya atau menggunakan hand sanitizer.

4. Terpapar virus di udara
Jika Anda adalah seorang commuter yang rutin menggunakan transportasibus atau commuter line, makan besar kemungkinan Anda bisa terpapar virus flu dari udara ketika Anda sedang berada di dalam kendaraan umum tersebut. Apalagi jika Anda menaikinya di jam-jam sibuk seperti waktu berangkat dan pulang kantor. Kondisi di dalam kendaraan yang berdesakkan membuat Anda sulit menghindari kontak dengan orang-orang yang sedang flu. Solusinya, gunakan selalu masker selama berada di dalam kendaraan umum ya!

Hindari paparan virus flu dengan cara-cara di atas. Pastikan juga kondisi tubuh Anda selalu fit agar tidak mudah terserang penyakit. Namun jika sudah terlanjur terserang flu, obati segera hingga tuntas dengan menggunakan bodrex Flu dan Batuk PE. Formula paracetamol, phenylephrine, dextromehorphan, bekerja meredakan demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan. Sementara jika flu yang Anda alami disertai batuk berdahak, atasi dengan bodrex Flu dan Batuk Berdahak PE. Kombinasi paracetamol, phenylephrine, glyceryl guaiacolate dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (penurun panas), dekosngestan (pelega) hidung, ekspektoran (pengeluaran dahak, dan mukolitik (pengencer dahak).

ARTIKELTERKAIT

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala
26-October-2019

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala

faktanya ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bahkan memperburuk sakit kepala Anda. Itu sebabnya Anda perlu menghindari atau membatasi .... read more
Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini
25-October-2019

Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini

Berikut ini adalah rekomendasi menu sarapan yang sehat sekaligus aman dikonsumsi oleh para penderita sakit kepala. Apa saja ya? .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda
24-October-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda

tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan .... read more