Di awal tahun 2020 ini, kita dikejutkan oleh maraknya pemberitaan mengenai wabah virus Corona yang  menyebar di Wuhan, Provinsi Hubei, Tiongkok. Virus yang diduga penyebaran awalnya melalui  konsumsi daging hewan liar ini dengan cepat menyebar bahkan tercatat sudah masuk ke lebih dari 12 negara lain diantaranya AS, Jepang, Perancis, Australia, dan Kanada. Bahkan, wabah Corona juga disamakan dengan wabah virus mematikan lainnya seperti SARS dan MERS yang pernah menyebar beberapa tahun silam.

Tak hanya menimbulkan ketakutan warga Tiongkok, isu penyebaran virus Corona juga membuat resah negara lainnya, termasuk Indonesia. Apalagi baru-baru ini terdapat WNI yang tinggal di Indonesia positif tertular virus COVID-19.  Gejala klinis virus Corona sebenarnya hampir menyerupai gejala flu dan batuk. Namun ternyata jika tidak ditangani dengan baik, virus ini dapat menyebabkan kematian. Saat ini obat maupun vaksin pencegahan virus Corona juga belum ada, sehingga situasi saat ini memang harus diwaspadai.

Cara terbaik untuk menghadapi virus Corona dan virus lainnya, adalah dengan melakukan pencegahan yang bisa diwujudkan melalui perilaku hidup sehat sehari-hari. Berikut ini adalah langkah pencegahan yang bisa kamu lakukan.

  1. Sering mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik* atau menggunakan hand sanitizer dengan alcohol >60% sebelum dan sesudah beraktivitas. Apalagi jika kamu berada di tempat-tempat umum seperti sarana transportasi publik, mall, atau restoran.
  2. Tutup hidung dan mulut, saat batuk dan bersin. Hentikan penyebaran virus penyakit apapun dengan menutup hidung dan mulut menggunakan siku bagian dalam—bukan telapak tangan.
  3. Gunakan masker. Hindari kontak langsung dengan orang yang memiliki gejala batuk dan flu.
  4. Masak daging dan telur hingga matang sempurna untuk mencegah penularan virus dari hewan.
  5. Jaga daya tahan tubuh dengan makan makanan bergizi, berolahraga, dan cukup istirahat. Bila perlu, perbanyak konsumsi vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan mampu meningkatkan daya tahan tubuh.
  6. Menghindari tempat ramai dan banyak orang sakit.
  7. Memeriksakan kondisi kesehatan kepada dokter, terutama saat mengalami flu, batuk, dan gangguan kesehatan lainnya untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Selain memeriksakan kondisi kesehatan pada dokter, Anda juga bisa melengkapi persediaan obat di rumah dan mengonsumsi rangkaian produk dari bodrex saat mengalami flu dan batuk, mulai dari bodrex Flu & Batuk Berdahak PE serta bodrex Flu & Batuk Tidak Berdahak PE yang hadir dalam kemasan kaplet dan sirup yang bisa diminum sesuai dengan kebutuhan.

Tak Perlu Panik, Kenali Cara Pencegahan Wabah Corona Berikut Ini

*Menurut PDPI (Persatuan Dokter Paru Indonesia) mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik merupakan salah satu cara mencegah penularan COVID-19.

ARTIKELTERKAIT

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more
Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?
30-June-2020

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, .... read more