Bulan Ramadan adalah waktu terbaik untuk meningkatkan amalan baik. Di bulan ini segala ibadah dan kebaikan yang kamu lakukan akan memperoleh pahala yang berlipat ganda. Meskipun begitu, bulan ini juga penuh tantangan, karena menahan haus dan lapar akan menjadi sia-sia ketika kamu tidak bisa menahan hawa nafsu lainnya. Ini dia beberapa hal yang paling sering bikin hilang fokus saat berpuasa dan cara mengatasinya!

Membasuh amarah
Sudah bergadang mengerjakan laporan sampai sahur  tetapi atasanmu masih belum puas? Bahkan kamu mendapatkan teguran di depan banyak orang. Belum lagi, rekan satu tim tidak mengerjakan tugasnya dengan baik sehingga kamu yang harus bekerja ektra mempeaiki kesalahan mereka. Terkadang ada saja hal-hal menyebalkan yang terjadi di lingkungan kerja. Rasa kesal dan marah adalah salah satu penyebab kamu kehilangan fokus saat berpuasa. Wajar kok jika kamu merasa kesal, yang terpenting adalah caramu menangani amarah tersebut. Tenangkan diri dengan berwudhu (membasuh wajah). Alih-alih ‘meledak’ atau mengumpat, lebih baik diam hingga rasa kesalmu berlalu.

Salurkan energi
Selama ini kamu dan sahabat punya hobi ngomentarin penampilan rekan sekantor, rumah tangga artis, hingga kehidupan pribadi si bos? Ini dia salah satu dosa yang susah banget ditahan. Apalagi kalau bukan ngegosipin orang. Padahal apa yang kamu gunjingkan itu belum tentu benar dan tak ada hubungannya dengan hidupmu. Hati-hati, bisa jadi gosip ini malah berujung jadi fitnah dan kamulah yang bertanggung jawab menyebarkannya. Duh, daripada sibuk ngurusin masalah orang lain, lebih baik gunakan energimu untuk mengerjakan hal yang lebih penting seperti menyelesaikan presentasi tepat waktu. Sementara sisa waktumu, bisa digunakan untuk beribadah.

Gunakan to-do-list
Lagi deadline kerjaan tetapi perut lapar gara-gara puasa, akhirnya pekerjaanmu jadi  nggak selesai. Aduh, jangan cari alasan deh! Namanya berpuasa, rasa lapar pasti ada, tetapi bukan berarti kamu jadi tidak produktif. Daripada pagi-pagi sudah sibuk melihat foto-lihat foto makanan di Instagram, lebih baik kerjakan to do list yang sudah kamu buat supaya kerjaanmu tidak terbengkalai. Atasi rasa lapar dengan tidak melewatkan sahur ya!

Manfaatkan waktu istirahat
Di bulan Ramadan, waktu seolah-olah menjadi lebih pendek karena kamu harus bangun lebih pagi untuk sahur. Akhirnya kamu kerap merasa ngantuk dan hilang saat sedang bekerja. Sebenarnya rasa kantuk juga bisa kamu atasi kok. Gunakan saja waktu istirahatmu untuk power nap,dengan begitu, rasa kantukmu akan hilang dan konsentrasimu dapat pulih kembali. Kamu pun bisa kembali produktif.

Meskipun berat, tetapi sebenarnya tantangan berpuasa bisa diatasi jika kamu memiliki niat tulus dan ikhlas untuk menjalankan ibadah. Selamat menunaikan ibadah puasa ya!

ARTIKELTERKAIT

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya
30-June-2019

Sering Sakit Kepala? Ini Cara Aman Menghilangkannya

Mungkin hal ini disebabkan oleh pengobatan yang tidak sesuai dengan keluhan dan jenis sakit kepala Anda. Berikut ini adalah jenis-jenis .... read more
Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon
21-May-2019

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon

Cara Menghilangkan Sakit Kepala Akibat Perubahan Hormon - Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan sakit .... read more
Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan
14-May-2019

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan

Penyebab Timbulnya Sakit Kepala Setelah Liburan - Apakah Anda mengalaminya juga setelah kembali dari liburan? Kira-kira, apa saja ya yang .... read more