Sudah Tahu? Ini Alasan Mengapa Kita Lebih Mudah Sakit Flu dan Batuk Berdahak Saat Musim Hujan

Sudah Tahu? Ini Alasan Mengapa Kita Lebih Mudah Sakit Flu dan Batuk Berdahak Saat Musim Hujan

Flu dan Batuk seringkali disebabkan oleh virus dan bisa terjadi kapan saja. Namun mengapa kita merasa lebih mudah sakit flu dan batuk saat musim hujan? Apakah benar ada kaitan antara musim hujan dengan flu dan batuk? Ataukah sebenarnya hanya mitos semata? Ternyata, musim hujan bukanlah penyebab  dari flu dan batuk, tetapi saat musim hujan risiko penularan kedua penyakit ini meningkat dikarenakan beberapa hal. Simak penjelasannya!

  • Virus bertahan hidup lebih lama di lingkungan saat musim hujan karena faktor iklim seperti kelembapan dan suhu yang relatif rendah. Sinar matahari yang merupakan pembatas kelangsungan hidup virus di lingkungan pun lebih sedikit.
  • Pada musim hujan manusia lebih senang beraktivitas di dalam ruangan sehingga banyaknya orang berkumpul di ruangan yang memiliki pertukaran udara yang buruk akan memudahkan penularan virus.
  • Permukaan tubuh kedinginan akan menurunkan aliran darah ke saluran nafas bagian atas dan hidung akibat penyempitan pembuluh darah (vasokonstriksi) sehingga bisa mempengaruhi keseimbangan pertahanan tubuh.
  • Penyempitan pembuluh darah menyebabkan berkurangnya pasokan darah hangat sehingga membua saluran pernafasan melambat, akibatnya mekanisme pertahanan tubuh lokal menurun.
  • Lingkungan epitel saluran pernafasan yang dingin akan memfasilitasi pembiakan virus yang sudah ada di tempat tersebut

Hingga sekarang belum terbukti bahwa basah kedinginan setelah kehujanan adalah penyebab  flu dan batuk. Ada banyak faktor lain yang kemungkinan juga berpengaruh seperti berinteraksi dengan penderita flu dan batuk secara intens disaat tubuh lelah, capek dan stres atau punya riwayat alergi. Merokok dengan alasan menghangatkan badan setelah kehujanan juga bisa memperburuk kondisi tubuh.

Kesimpulannya, musim hujan memang bukan penyebab flu dan batuk, namun cuaca dingin, kelembapan udara, maupun kebiasaan yang dilakukan manusia saat musim hujan bisa menurunkan daya tahan tubuh sehingga lebih rentan tertular flu dan batuk. Nah, bila kamu mengalami flu dan batuk berdahak di musim hujan, jangan disepelekan ya! Segera minum obat flu dan batuk berdahak untuk mengatasinya!

bodrex-flu-dan-batuk-berdahak-pe