Stres bisa datang tanpa diduga, kalau Anda sedang merasa suntuk dan ingin melepas penat beberapa aktivitas ini bisa membantu Anda untuk lebih relaks dan santai.
1.    Menonton tayangan komedi
Tertawa dapat mengurangi efek buruk stres pada tubuh seperti, kelelahan. Dalam sebuah studi bahkan diketahui tertawa membuat aliran darah meningkat yang dapat menjaga organ tubuh lebih sehat dengan suplai oksigen yang baik. Cari DVD serial komedi, atau searching video lucu di youtube pun dapat membantu Anda relaks.
2.    Berpelukan
Sejumlah penelitian menyebutkan berpelukan dapat mengurangi hormon kortisol sehingga stres berkurang. Berpelukan juga mendorong tubuh untuk menurunkan ketegangan sekaligus mengirimkan sinyal tenang pada otak. Hampiri pasangan atau sahabat, sedikit pelukan bisa mengembalikan keceriaan Anda.
3.    Merajut
Mungkin ini terdengar menggelikan, tetapi gerakan ritmis saat merajut dan energi kreatif yang keluar di saat yang sama dapat mengurangi stres lho. Coba saja sendiri.
4.    Bermain dengan hewan peliharaan
Memiliki hewan peliharaan? Ajak mereka bermain atau berjalan-jalan. Tanpa disadari Anda akan berolahraga (jalan kaki) yang mana ini sangat baik untuk mengurangi stres. Dan berada di alam terbuka sekaligus di dekat hewan kesayangan sudah pasti akan membuat Anda merasa lebih baik.
5.    Berenang
Sebuah studi di Swedia yang dipublikasikan dalam International Journal of Stress Management mengungkapkan bahwa mengapung di air memicu tubuh untuk relaks. Ini membantu menurunkan level hormon stres. Menurut studi yang dilansir Shape.com ini, sebanyak 80% subjek penelitian merasakan ketegangan dan depresi berkurang.

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more