Siasati Stres Karena Deadline

Siasati Stres Karena Deadline

Setiap proyek pekerjaan atau tugas tertentu selalu memiliki tenggat waktu. Merupakan hal yang wajar jika seseorang merasakan stres ketika waktu mendekat kepada deadline. Di satu sisi hal ini bisa menjadi alarm agar kita lebih fokus mengejar target. Tetapi di lain pihak stres bisa juga menghambat produktivitas. Nah siasati stres agar tidak mengganggu deadline Anda, ini caranya.

1.    Hindari Terlalu Perfeksionis
Sikap perfeksionis dapat menguras energi sekaligus menghabiskan waktu. Sikap perfeksionis sangat dekat dengan kebiasaan menunda. Mengapa? Misalnya saja seorang perfeksionis tidak akan memulai proyek sampai dia menemukan cara paling sempurna untuk melakukan pendekatan terhadap suatu masalah. Mereka pun memiliki kecenderungan mengulur waktu karena merasa belum maksimal menyelesaikan tugas yang diberikan. Padahal bisa jadi atasan lebih mengharapkan hasil baik on time dibandingkan kesempurnaan yang melampaui batas waktu.

2.    Deadline Palsu
Beri diri Anda ruang untuk hal-hal tak terduga yang mungkin terjadi dan menghambat tugas selesai tepat waktu. Tentukan deadline palsu 2-3 hari sebelum deadline sesungguhnya terjadi. Deadline ‘palsu’ ini membantu Anda tetap tenang menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan atau menyempurnakan hasil akhir menjelang deadline sesungguhnya tiba.

3.    Bicarakan Lebih Awal
Rasa khawatir akan respons dari atasan atau klien tentang pekerjaan cenderung membuat orang yang memiliki kecemasan terhadap deadline jadi menunda. Padahal menunda menambah stres. Komunikasikan perkembangan pekerjaan Anda dengan atasan atau klien sejak awal. Komunikasi yang lancar membuat Anda lebih memahami keinginan atasan/ klien lebih baik. Pemahaman tersebut membantu mengurangi stres.

4.    Tidurlah
Banyak orang mengabaikan pentingnya tidur ketika dikepung deadline. Mereka memilih bekerja nonstop menyelesaikan tugas. Padahal kekurangan tidur dapat menyebabkan seseorang kesulitan untuk fokus. Ketika konsentasi sulit dicapai dan deadline semakin dekat, stres dapat bertambah. Maka jangan lupa untuk tetap memiliki cukup istirahat di tengah-tengah deadline Anda.

Foto: Shutterstock