Sering Batuk Saat Udara Dingin, Bagaimana Mengatasinya?

Sering Batuk Saat Udara Dingin, Bagaimana Mengatasinya?

Udara dingin seringkali membuat orang batuk. Namun benarkah kedua hal ini memang berkaitan, atau hanya mitos belaka? Jika sering batuk saat udara dingin, bagaimana mengatasinya?

Dilansir dari ABC.net, udara dingin sebenarnya bukanlah penyebab batuk. Namun apabila Anda menderita flu atau infeksi pernapasan lainnya, maka udara dingin dapat memicu Anda batuk atau memperburuk batuk yang sebelumnya memang sudah ada.

Gangguan atau kondisi pernapasan biasanya memburuk pada malam hari dan hal tersebut terkait dengan udara dingin dan kering. Jika Anda memiliki kondisi medis lainnya seperti asma atau bronchitis, Anda harus lebih cermat lagi dalam menghindari udara dingin. Lantas bagaimana mengatasinya? Ternyata ada beberapa cara yang bisa Anda coba.

Sinar matahari

Kehangatan dari sinar matahari adalah ‘terapi alami’ untuk saluran pernapasan Anda. Baik masalah saluran pernapasan atas seperti flu atau sinus, maupun masalah saluran pernapasan bawah seperti batuk. Upayakan untuk meluangkan waktu berjemur setiap hari setidaknya 15 menit. Cara ini bisa membuat pernapasan lebih lega dan mempermudah Anda mengeluarkan lendir.

Udara segar

Menghirup udara segar juga sangat penting. Terutama jika Anda termasuk orang yang hampir selalu beraktivitas di dalam ruangan ber-AC. Dalam sehari, sempatkan untuk menghirup udara segar atau buka jendela rumah Anda agar terjadi pertukaran udara lama dengan udara segar.

Olahraga

Olahraga sangat dianjurkan untuk Anda yang memiliki masalah pernapasan. Namun hindari olahraga yang terlalu berat dan melelahkan seperti berlari atau angkat beban. Sebaliknya, olahraga jalan santai, senam ringan, atau berenang justru bisa membantu Anda menjaga kebugaran tanpa terlalu membebani sistem pernapasan.

Air humidifier

Dilansir dari alodokter, penggunaan air humidifier dapat membantu menjaga kelembapan udara terjaga, tapi juga dapat membantu mengatasi iritasi yang dipicu oleh udara kering, seperti kulit kering, bibir pecah-pecah, pilek, batuk kering, hingga sakit tenggorokan.

Minum obat

Mengonsumsi obat batuk tetap perlu dilakukan untuk menuntaskan proses penyembuhan. Minumlah sesuai dengan anjuran hingga gejala batuk berkurang. Namun tetap sabar karena batuk memang membutuhkan waktu untuk sembuh.

Coba pilih obat batuk yang dapat mengobati berbagai jenis batuk dan tanpa ngantuk, hal ini penting untuk Anda yang memiliki aktivitas padat namun tidak ingin terganggu akibat batuk.

bodrex batuk double action