Serba-serbi Vertigo

Serba-serbi Vertigo

Oleh masyarakat, vertigo sering dikira sakit kepala. Tapi sebenarnya vertigo menyerang bagian tubuh yang berbeda dari sakit kepala biasa. Vertigo adalah akibat dari terganggunya organ-organ vestibuler (keseimbangan), organ penglihatan, dan sistem indrawi kita. Ketahui ciri-ciri vertigo berikut ini agar Anda bisa cepat mengatasinya ketika vertigo melanda.

Gejala

1. Tubuh terasa berputar saat duduk, berdiri, bahkan tidur sekalipun
2. Tubuh seperti mau jatuh, tidak seimbang
3. Sensasi berputar ini berlangsung sesaat bahkan bisa berlanjut hingga berjam-jam
4. Penglihatan berganda
5. Tubuh lemas
6. Sulit berkonsentrasi
7. Mual muntah
8. Pandangan mata menjadi gelap

Penyebab

1. Posisi tidur yang tidak nyaman. Jika bantal yang digunakan tingginya tidak tepat, aliran darah ke kepala bisa terganggu sehingga memicu munculnya vertigo. Termasuk juga jika Anda tersentak bangun dengan cepat dari posisi baring atau tertidur.
2. Seperti yang sudah disebutkan di atas, gangguan pada organ penglihatan bisa memicu vertigo. Bagi beberapa orang, mendadak melihat cahaya yang terlalu silau bisa memicu gangguan keseimbangan. Melihat benda bergerak terlalu cepat juga bisa menyebabkan motion sickness serta vertigo. Selain itu, masalah tegangan bola mata juga bisa jadi penyebab vertigo.
3. Minuman beralkohol yang berlebihan
4. Mabuk perjalanan, seperti naik kapal laut.
5. Suhu udara yang terlalu panas dan oksigen yang kurang
6. Stres

Cara Mencegah Vertigo

Jika vertigo Anda berasal dari penglihatan....
Cobalah lakukan latihan sederhana yang dapat melatih saraf pusat Anda untuk mencegah vertigo datang kembali. Misalnya, Anda dapat fokus pada sebuah objek dan memindahkan arah kepala Anda darisatu sisi ke sisi lainnya. Kemudian cobalah berjalan bolak-balik sambil menggeleng  atau mengangguk kepala. Lakukan selama 10 minggu atau sesuaikan dengan ekbutuhan Anda. Untuk mengurangi risiko vertigo muncul kembali.

Jika vertigo Anda berasal dari gangguan telinga
Lakukan gerakan berikut ini. Duduk di pinggir tempat tidur Anda dan letakan bantal agar bahu—bukan kepala—Anda dapat ‘mendarat’ di atas bantal tersebut. Putar kepala 45° ke arah kiri lalu berbaring terlentang perlahan. Tempatkan bahu di atas bantal, sedangkan kepala di atas tempat tidur. Tunggu selama 30 detik hingga vertigo berhenti. Kemudian, ubah arah kepala ke sisi kanan dan tunggu selama 30 detik. Terakhir, putar kepala dan tubuh mengarah ke kanan hingga pandangan Anda mengarah ke lantai dan tunggu 30 detik. Setelahnya duduklah perlahan-lahan dan tunggu beberapa waktu sebelum Anda bangkit dari tempat tidur. Jika vertigo disebabkan oleh telinga kanan, lakukan sebaliknya.