Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang paling banyak dialami. Jenisnya pun beragam dan salah satunya adalah sakit kepala sebelah kiri yang biasanya muncul setelah bangun tidur. Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, ya?

Kurang Tidur

Kebiasaan begadang, baik saat bekerja, main game, atau menonton film bisa menjadi salah satu penyebab munculnya sakit kepala sebelah kiri saat bangun di pagi hari. Kurangnya waktu tidur membuat produksi hormone stress kortisol meningkat dan memicu sakit kepala yang dialami seseorang. Tak hanya itu, kurang tidur juga menyebabkan peningkatan tekanan dan gangguan aliran darah yang keluar dari jantung, sehingga otot jantung bekerja lebih keras dari biasanya dan menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Oleh karena itu, usahakan untuk mendapatkan istirahat yang cukup setiap malamnya, yaitu selama enam hingga delapan jam bagi orang dewasa.

Salah Posisi Tidur

Sakit kepala sebelah kiri saat bangun tidur juga bisa disebabkan karena kesalahan posisi tidur dan posisi bantal yang terlalu tinggi menyebabkan leher menjadi tegang dan tidak bisa digerakkan ke kanan maupun kiri dalam waktu yang cukup lama. Untuk menyiasatinya, gunakan bantal yang tepat atau tidak menggunakan bantal sama sekali dalam posisi terlentang untuk menjaga agar kepala dan tulang belakang berada dalam satu garis lurus.

Tekanan Darah Tinggi

Sedangkan dalam kondisi medis, sakit kepala sebelah kiri saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang dialami seseorang. Biasanya kondisi ini akan terjadi ketika seseorang terlalu banyak mengonsumsi kafein atau hal lain yang memicu kambuhnya tekanan darah tinggi. Nyeri yang dirasakan biasanya akan sangat intens dan membutuhkan penanganan segera agar tidak semakin parah.

Mengonsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol juga bisa memicu timbulnya sakit kepala sebelah kiri saat bangun tidur. Hal ini dikarenakan alkohol mengandung etanol, senyawa kimia yang memicu pelebaran pembuluh darah di kepala. Jika dikonsumsi dalam takaran yang berlebihan dan dilakukan secara terus-menerus, maka seseorang bisa mengalami sakit kepala lebih sering, bahkan memicu timbulnya penyakit serius lainnya.

Migrain

Faktor lain yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah kiri adalah migrain. Umumnya, migrain ditandai dengan serangan sakit kepala yang disertai denyutan dan dialami di salah satu sisi kepala saja. Gejala awalnya antara lain terjadinya gangguan penglihatan, mual, muntah, dan lebih sensitif terhadap suara dan cahaya, serta merasakan sensasi kepala seperti ditusuk-tusuk. Saat sakit kepala sebelah melanda, segera tangani dengan minum obat seperti bodrex Migra yang mengandung Triple Active Formula (Paracetamol, Propifenazon, dan Caffeine) dalam setiap tabletnya yang bekerja cepat dan efektif untuk meringankan sakit kepala sebelah, sehingga kamu bisa kembali beraktivitas dengan lebih nyaman.

Sakit kepala sebelah kiri saat bangun tidur (maupun sisi lainnya) juga bisa dipicu oleh beberapa hal lain, seperti konsumsi obat-obatan tertentu, infeksi atau alergi, stress, hingga gangguan saraf. Namun tak perlu cemas, sediakan selalu bodrex Migra untuk meredakan sakit kepala sebelah dan rangkaian produk bodrex lainnya yang bisa mengobati jenis sakit kepala yang berbeda, seperti bodrex Extra untuk sakit kepala mencengkeram, bodrex Herbal Sakit Kepala sebagai solusi herbal terpercaya untuk atasi sakit kepala, dan bodrex Ori yang mampu mengatasi sakit kepala secara cepat dan efektif. Rangkaian produk ini bisa Anda dapatkan secara online di Tempo Store Official melalui Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada sekarang juga.

Hit Enter to search or Esc to closeNav