Sakit Kepala Sebelah Akibat Kehujanan? Segera Redakan dengan Cara Berikut Ini!

Sakit Kepala Sebelah Akibat Kehujanan? Segera Redakan dengan Cara Berikut Ini!

Pernah mengalami sakit kepala sebelah akibat kehujanan? Yuk, temukan penyebab dan cara mengatasinya berikut ini!

Penyebab seseorang langsung mengalami sakit kepala sebelah setelah kehujanan

Seseorang mungkin saja mengalami sakit kepala sebelah setelah kehujanan karena beberapa hal berikut ini.

1. Daya tahan tubuh menurun

Saat kehujanan, seseorang akan cenderung merasa kedinginan. Kondisi ini pada akhirnya memengaruhi daya tahan tubuhnya. Melansir dari Halodoc.com, perubahan suhu yang mendadak memaksa tubuh mengeluarkan energi yang lebih besar. Hal ini kemudian melemahkan sistem imun tubuh, sehingga kita memiliki risiko mengalami penyakit seperti flu, batuk, dan sakit kepala sebelah yang lebih tinggi.

2. Perubahan suhu yang cukup ekstrem

Saat musim hujan datang, suhu udara menjadi lebih dingin. Perubahan suhu yang awalnya normal menjadi dingin juga akan memaksa tubuh beradaptasi lebih cepat dan memengaruhi daya tahan tubuh. Air hujan jugalah yang membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin, terutama di bagian kepala. Tak heran jika pada akhirnya kita mengalami sakit kepala sebelah setelah kehujanan.

 

Risiko mengalami sakit kepala sebelah juga akan semakin tinggi jika pada kesehariannya kita memiliki aktivitas yang cukup padat, namun tidak diimbangi dengan istirahat cukup serta asupan makanan bergizi. Saat tubuh kelelahan dan kurang istirahat, daya tahan tubuh cenderung menurun.

Meski menjadi keluhan yang wajar terjadi dan akan sembuh dengan sendirinya, namun kamu bisa segera meredakan sakit kepala sebelah akibat kehujanan dengan mengonsumsi beberapa minuman berikut ini.

1. Bandrek

Terbuat dari campuran jahe dan serai yang dimemarkan kemudian dipadukan dengan cengkeh, kayu manis, dan gula aren. Sensasi hangat dari minuman yang satu ini mampu mengusir rasa kedinginan akibat kehujanan.

2. Bajigur

Selain bandrek, bajigur juga tidak kalah terkenalnya di kalangan masyarakat. Minuman ini terbuat dari campuran santan kelapa, kopi bubuk, jahe, daun pandan, kayu manis, gula merah, dan sedikit garam. Tak hanya memiliki rasa yang unik, bajigur juga berfungsi meredakan sakit kepala dan menghangatkan tubuh hingga terhindar dari masuk angin akibat kehujanan.

3. Wedang jahe

Minuman yang terbuat dari rebusan jahe yang dicampur madu dan lemon ini juga sangat ampuh memberikan kehangatan, meredakan peradangan pada tubuh, dan juga mengurangi nyeri akibat sakit kepala sebelah.

Jika sakit kepala sebelah akibat kehujanan cukup mengganggu, segera minum obat pereda nyeri yang mengandung Paracetamol, lalu istirahat di kamar dengan pencahayaan yang temaram. Dengan begini, sakit kepala sebelah dapat mereda secara perlahan.