Sakit Kepala Saat Menunduk, Pertanda Apa Ya?

Sakit Kepala Saat Menunduk, Pertanda Apa Ya?

Sakit kepala yang muncul saat menundukkan kepala tentu bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas harian Anda. Biasanya, hal ini akan terjadi saat kita terlalu lama menatap layar ponsel atau laptop, membaca buku, atau kegiatan lain yang mengharuskan kita untuk menundukkan kepala. Lantas, apa yang menyebabkan sakit kepala ini muncul saat menundukkan kepala, ya?

                                                    

Penyebab Sakit Kepala saat Menundukkan Kepala

Dilansir dari laman online SehatQ.com, ada beberapa hal yang menyebabkan kita mengalami sakit kepala saat menunduk. Simak penjelasannya berikut ini.

  1. Ketegangan

Penyebab yang paling umum adalah karena adanya ketegangan, terutama di bagian otot leher dan pundak akibat menundukkan kepala dalam waktu yang cukup lama. Rasa sakit atau tekanan akibat ketegangan ini biasanya membuat kita merasa seperti ada yang mengikat bagian kepala, bahkan menyebar ke bagian leher dan pundak. Keluhan sakit kepalanya sendiri bisa berlangsung selama 30 menit bahkan lebih lama jika tidak segera ditangani dengan baik dan dipicu faktor lainnya, seperti stress, kelelahan, kurang tidur, dan posisi tidur atau posisi duduk yang kurang tepat.

  1. Mata lelah

Sakit kepala saat menunduk juga bisa disebabkan oleh mata lelah, terutama jika Anda termasuk orang yang gemar bermain gadget, sering menatap layar ponsel, dan terlalu lama menatap laptop. Rasa sakit kepala akibat mata lelah biasanya muncul di belakang atau sekitar mata. Hal ini terjadi karena pada saat mata melihat objek dari jarak yang dekat, maka otot-otot yang ada di dalam mata dituntut untuk bekerja lebih keras. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka bisa menyebabkan otot kelelahan dan memicu sakit kepala saat menunduk.

  1. Sinusitis

Keluhan sakit kepala saat menunduk juga bisa terjadi karena sinusitis. Sinus sendiri merupakan rongga kecil yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus memiliki fungsi menghasilkan lendir yang dialirkan ke dalam hidung. Saat sinus mengalami gangguan (tersumbat), maka lendir akan menumpuk dan menyebabkan terjadinya peradangan (sinusitis). Biasanya, penyumbatan ini terjadi karena infeksi atau alergi dan menyebabkan sakit kepala yang tumpul dan berdenyut di sekitar dahi, pipi, dan mata.

  1. Dehidrasi

Selain beberapa penyebab di atas, kekurangan air atau dehidrasi juga bisa memicu sakit kepala saat menundukkan kepala. Biasanya, keluhan sakit kepala ini akan semakin parah saat menggerakkan kepala, membungkuk, atau saat berjalan.

Bagaimana Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Menunduk?

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala yang terjadi saat menunduk.

  1. Istirahat cukup

Saat sakit kepala melanda akibat terlalu lama menunduk, cobalah untuk mengistirahatkan diri dengan tidur. Pastikan kepala, pundak, dan tulang punggung dalam kondisi satu garis lurus, ya. Setelah itu, pejamkan mata dan tidur sejenak untuk mengurangi sakit kepala yang Anda alami.

  1. Relaksasi di sela waktu bekerja

Bermain gadget dan bekerja di depan laptop boleh saja, namun bukan berarti Anda sampai lupa waktu dengan menatap layar dalam waktu yang terlalu lama. Cobalah untuk mengambil sedikit waktu di sela pekerjaan untuk mengistirahatkan mata Anda sejenak. Di sela waktu istirahat ini, Anda bisa melakukan gerakan peregangan, berjalan-jalan sambil menghirup udara segar, atau mengompres mata menggunakan air dingin agar lebih rileks. Setelah itu, Anda bisa kembali bekerja di depan laptop, tentunya dengan menyesuaikan tinggi meja dan kursi kerja sehingga posisi bekerja menjadi lebih nyaman.

  1. Mencukupi kebutuhan air mineral

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dehidrasi bisa menyebabkan sakit kepala saat menunduk, maka memenuhi kebutuhan air mineral setiap harinya adalah cara paling tepat untuk mencegahnya. Sebagai orang dewasa, sebaiknya penuhi kebutuhan air mineral sebanyak delapan gelas atau dua liter air setiap harinya, ya.

  1. Minum obat pereda sakit kepala

Memberikan obat yang dapat meredakan sakit kepala dengan kandungan Paracetamol. Namun, jika sakit kepala saat menunduk menjadi semakin parah dan tak kunjung menandakan adanya perbaikan, segera konsultasikan pada dokter untuk mencegah kemungkinan penyakit yang lebih serius, ya.

bodrex ahli redakan sakit kepala