Sakit Kepala Saat Berpuasa? Berikut 3 Hal yang Bisa Anda Lakukan!

Sakit Kepala Saat Berpuasa? Berikut 3 Hal yang Bisa Anda Lakukan!

Sakit kepala yang terjadi saat berpuasa bisa dialami oleh siapa saja dan disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari menurunnya tekanan darah akibat kurangnya asupan makanan, turunnya kadar gula darah, kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi, hingga kurang darah akibat kurang asupan zat besi dari beberapa makanan baik saat sahur maupun buka puasa. Keluhan yang satu ini tentu akan cukup menggangu aktivitas dan kegiatan berpuasa Anda. Oleh karena itu, segera lakukan beberapa cara berikut ini untuk meredakan sakit kepala sehingga puasa Anda kembali berjalan dengan lancar.

Berikan pijatan ringan di kepala

Belum bisa minum obat karena waktu buka puasa masih lama? Tenang, cara meredakan sakit kepala yang paling cepat untuk Anda lakukan adalah dengan memberikan pijatan ringan di bagian kepala. Untuk pijatannya sendiri, coba beri tekanan di bagian pelipis dan tengkuk menggunakan jari tangan. Meski tidak langsung membuat sakit kepala hilang, namun cara yang satu ini bisa membuat keluhan terasa lebih ringan.

                                                             

Curi waktu tidur

Memaksakan untuk bekerja saat sakit kepala melanda tentu bukanlah ide yang bagus. Pasalnya, hal ini bisa mengurangi konsentrasi kerja sehingga hasil kerjanya tidak maksimal. Jika kebetulan sakit kepala melanda saat Anda berada di tempat kerja, cobalah untuk minta izin pada atasan untuk istirahat beberapa menit. Memanfaatkan waktu istirahat untuk tidur bisa membuat Anda merasa lebih baik.

Minum obat sakit kepala setelah berbuka puasa

Cara paling ampuh untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mengonsumsi obat sakit kepala yang tepat. Jika Anda tidak ingin puasanya terganggu, maka segerakan minum obat saat tiba waktunya untuk berbuka puasa. Pilihlah obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol dan bisa langsung dikonsumsi sebelum makan. Dengan begini, keluhan sakit kepala bisa cepat teratasi tanpa mengganggu aktivitas puasa Anda.