Sakit Kepala Bagian Belakang? Duduk Terlalu Lama Bisa Menjadi Penyebabnya!

Sakit Kepala Bagian Belakang? Duduk Terlalu Lama Bisa Menjadi Penyebabnya!

Berbeda dengan sakit kepala pada umumnya, sakit kepala bagian belakang hanya menimbulkan rasa tidak nyaman dan otot kepala yang tegang hanya di bagian belakang saja. Tanpa disadari, kondisi seperti ini mungkin terjadi akibat gaya hidup atau kebiasaan yang kita lakukan selama ini, salah satunya adalah duduk terlalu lama saat bekerja. Bagaimana bisa, ya?

Sakit Kepala Bagian Belakang karena Duduk Terlalu Lama

Tak hanya duduk dalam waktu yang lama, posisi duduk membungkuk yang menyertai juga turut menyumbangkan dampak buruk pada tubuh. Duduk membungkuk  dalam waktu yang cukup lama bisa menimbulkan ketegangan pada area punggung dan leher, dan tanpa kita sadari kebiasaan ini akan memicu timbulnya sakit kepala bagian belakang jika dilakukan secara terus menerus.

Belum lagi jika Anda harus menundukkan kepala saat menatap layar ponsel atau laptop saat bekerja. Posisi kepala yang menunduk dalam waktu yang cukup lama juga menyebabkan otot kepala menegang seperti ada yang mengikat, bahkan menyebar ke bagian leher dan pundak. Jika dibiarkan, maka bisa menimbulkan sakit kepala yang biasanya berlangsung selama 30 menit bahkan lebih lama.

Selain membuat otot kepala, pundak, dan leher menjadi tegang, kebiasaan duduk membungkuk, menunduk, dan terlalu lama menatap layar juga bisa memicu mata lelah yang bisa membuat sakit kepala menjadi semakin parah, terutama rasa sakit di bagian belakang mata akibat otot yang dituntut untuk bekerja lebih keras. Lantas, bagaimana cara mengatasinya, ya?

Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagian Belakang

Jika Anda mulai merasakan sakit kepala bagian belakang, usahakan untuk segera mengatur ketinggian meja dan kursi kerja dengan baik, sehingga posisi duduk tetap tegak dan terhindar dari sakit kepala. Sesekali lakukan gerakan peregangan di tengah aktivitas agar otot tubuh tak tegang dan kembali rileks. Tak hanya itu saja, cobalah juga untuk melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Menghentikan Kegiatan yang Sedang Dilakukan

Saat mengalami sakit kepala bagian belakang di sela aktivitas, sebaiknya hentikan kegiatan yang sedang dilakukan, apalagi jika hal itu merupakan pekerjaan yang cukup berat. Jangan paksakan diri untuk tetap beraktivitas, sebaliknya coba cari tempat yang nyaman dan manfaatkan untuk beristirahat agar sakitnya mereda.

  • Berdiri dengan perlahan

Cara meredakan sakit kepala bagian belakang akibat duduk terlalu lama adalah dengan berdiri secara perlahan dan lakukan gerakan peregangan. Hindari untuk langsung berdiri dengan cepat karena hanya akan membuat sakit kepala menjadi semakin parah.

  • Minum air mineral yang cukup

Selain otot kepala dan leher yang tegang, faktor lain yang membuat sakit kepala bagian belakang semakin parah adalah kurangnya oksigen dalam otak. Untuk itu, agar sakit kepala tidak semakin parah hindari juga minuman yang mengandung kafein terlalu tinggi seperti teh dan kopi. Sebaliknya, perbanyaklah konsumsi air putih untuk memenuhi asupan oksigen dalam tubuh, terutama otak.

  • Minum obat pereda sakit kepala

Memberikan obat yang dapat meredakan sakit kepala dengan kandungan Paracetamol jika keluhan sakit kepala terasa cukup mengganggu.

 

Source: Alodokter.com