Sadarkah Anda, Sakit Kepala Timbul Setelah Mencium Aroma Ini

Sadarkah Anda, Sakit Kepala Timbul Setelah Mencium Aroma Ini

Berbagai macam aroma, ternyata bisa jadi faktor pemicu sakit kepala. Sebab,ketika indra penciuman Anda bisa mengenali beragam aroma. Otak dapat mendeteksi apakah bau tersebut adalah bau yang menyenangkan atau sebaliknya, bau yang memuakan. Pada setiap orang, aroma yang disukai dan tidak disukai tentu berbeda. Akan tetapi jenis-jenis aroma di bawah ini umumnya dapat menimbulkan reaksi sakit kepala atau bahkan mual pada kebanyakan orang. Apa saja ya?

Aroma Makanan
Aroma makanan seharusnya bisa jadi aroma menyenangkan yang menerbitkan selera makan. Namun lagi-lagi, selera dan kesukaan setiap orang berbeda. Aroma makanan tertentu mungkin menyenangkan bagi seseorang, tetapi dibenci oleh orang lainnya. Khususnya jika makanan tersebut memiiki aroma khas seperti buah durian, tapai, daging kambing, pete, dan makanan lain yang memiliki aroma tajam.

Sampah Basah
Untuk aroma yang satu ini, pasti semua orang sepakat bahwa sampah memang memiliki bau yang tidak enak. Apalagi jika sampah tersebut adalah sampah basah seperti sisa makanan, kulit buah, atau sayuran. Lambat laun, makanan-makanan tersebut akan membusuk dan menguarkan bau tidak sedap. Coba minimalisasi bau dengan memisahkan sampah kering dan basah. Sediakan tempat sampah khusus yang diletakkan di bagian rumah yang jarang dilewati. Lapisi tempat sampah dengan plastik terlebih dulu. Kemudian, ikat plastic rapat-rapat sebelum Anda membuangnya ke tempat sampah luar rumah, sehingga sampah tidak bertambah bau saat terkena air hujan.

Bau Bensin
Bau bensin memang sangat kuat. Anda bisa mencium aromanya dari dalam kendaraan saat mengisi bahan bakar meskipun Anda tidak membuka kaca jendela. Bau yang tajam ini kerap membuat sebagian orang langsung sakit kepala. Namun anehnya, sebagai yang lain justru menyukai aroma ini dan sengaja menghirupnya dalam-dalam. Selera memang tak bisa disamakan ya?

Asap Kendaraan
Jika kendaraan Anda dirawat dengan baik, asapnya tentu tidak akan berbau aneh. Namun ketika Anda menaiki kendaraan umum atau berjalan kaki di pinggir jalan besar yang kondisi lalu lintasnya padat, maka bau asap kendaraan bermotor tidak bisa dihindari. Bahkan, bau asap kendaraan yang terhirup bisa langsung membuat kepala Anda pusing sekaligus mengganggu sistem penafasan Anda.

Bau Keringat
Berkeringat adalah hal yang wajar dialami oleh setiap orang. Akan tetapi ketika keringat bercampur dengan kuman dan bakteri yang terdapat di tubuh, maka akan timbul bau badan yang tidak sedap. Itu yang membuat aroma keringat pada setiap orang berbeda. Ada yang keringatnya tidak berbau, ada pula yang berbau tidak sedap. Anda bisa meminimalisasi bau dengan menggunakan masker ketika berada di keramaian, misalnya di kendaraan umum. Selain itu jagalah kebersihan diri Anda agar tidak menimbulkan bau badan, tidak lucu kan kalau Anda sakit kepala karena bau badan sendiri? Menyemprotkan parfum bukanlah solusi, Karena parfum yang disemprotkan pada tubuh yang berkeringat dan bau justru akan memperburuk aromanya.

Jenis aroma tadi terkadang memang sulit dihindari. Tetapi Anda tak perlu khawatir, biasanya sakit kepala yang ditimbulkan sifatnya temporer dalam waktu yang relatif singkat. Ketika Anda sudah berada di ‘jarak aman’, maka sakit kepala akan berangsur membaik. Meskipun begitu, sensitivitas setiap orang terhdadap aroma memang berbeda. Pada sebagian orang, sedikit saja menghirup aroma yang tajam bisa membuat sakit kepala hingga mual dan muntah. Jika Anda termasuk orang yang penciumannya sensitive, ada baiknya meredakan sakit kepala dengan cara menghirup udara segar atau dengan minum obat yang mengandung paracetamol.