Pusing karena Kerjaan Kantor Menumpuk? Ini Tipsnya

Pusing karena Kerjaan Kantor Menumpuk? Ini Tipsnya

Anda pusing karena harus lembur menggarap tugas-tugas yang menumpuk? Semangat! Namanya juga tanggungjawab, walaupun pusing, kamu harus tetap bisa menyelesaikannya dengan baik. Agar stres dan sakit kepala Anda tidak berlarut-larut, coba lakukan 5 hal berikut ini :

Bayangkan asyiknya berlibur
Bayangkan setelah segala kerumitan pekerjaan ini Anda akan mendapatkan reward liburan seru. Yang tadinya lembur sambil suntuk, pasti jadi makin semangat! Coba saja visualisasikan bagaimana Anda akan menikmati cuti. Yang tadinya kerja tanpa tujuan, jadi sadar kalau memang butuh uang untuk berlibur! Membayangkan liburan juga bisa bantu Anda mengganti perspektif dari yang awalnya jenuh soal pekerjaan, jadi sadar bahwa kesulitan ini cepat atau lambat bakal berlalu juga dan terganti dengan sesuatu yang menyenangkan.

Bacaan Humor
Tersenyum saja bisa menstimulasi dopamin, senyawa neurotransmitter yang akan membuat Anda merasa senang, apalagi kalau dilanjutkan dengan tertawa. Kadar hormon kortisol penyebab stres bakalan turun drastis. Alhasil Anda pun bisa menghadapi tuntutan pekerjaan dengan lebih bersemangat.

Video Lucu
Tertawa itu menular. Jadi kalau Anda sedang bekerja dalam tim yang mood-nya sedang buruk, coba curi waktu sebentar untuk tertawa dengan menonton video lucu bersama kolega Anda. Jika mereka sedang tak bisa, tidak apa-apa. Suara tawa Anda sendiri juga bisa kok mengurangi ketegangan dan menyebarkan aura positif buat kolega di sekitar.

Mendengarkan Musik
Anda akan lebih betah bekerja dan belajar bisa jadi lebih kalau ditemani musik favorit Anda. Secara ilmiah, musik memang bisa meningkatkan produksi dopamin yang bisa bikin mood jadi lebih baik. Manfaatnya produktivitas kita pun jadi makin maksimal. Seperti yang dipaparkan Dr. Sood dari Mayo Clinic, hanya dengan 15-30 menit mendengarkan musik kita pun bisa bekerja dengan lebih fokus.

Power Nap
Jika ada yang mencuri tidur sejenak di kantor, jangan dikira mereka malas. Justru ini adalah trik cerdas untuk meningkatkan produktivitas di kantor. Coba saja sendiri dan rasakan manfaatnya. Pilih area ternyaman di kantor Anda dan beri sugesti dalam pikiran untuk segera tidur. Bangun kembali setelah 5-20 menit untuk mengembalikan konsentrasi, daya ingat, dan ketangkasan fisik Anda. Jangan sampai ketiduran, karena malah akan membuat badan terasa berat dan tidak segar. Jika Anda hanya punya waktu yang sangat singkat, 3 menit juga sudah cukup untuk power nap, asalkan Anda benar-benar tidur ya.