Indonesia memang dikenal sebagai lahan terbaik untuk melakukan hiking atau pendakian gunung. Hal ini karena banyaknya daerah pegunungan yang tersebar di hampir semua pulau dan kepulauan di Indonesia, terlebih di wilayah Pulau Jawa yang memiliki jajaran pegunungan tertinggi dan aktif yang menantang untuk ditaklukkan seperti Puncak Mahameru.

Tapi ternyata tidak gampang untuk melakukan hiking lho. Kamu perlu melakukan dan menyiapkan berbagai persiapan terlabih dahulu, apalagi kamu termasuk pendaki pemula. Berikut beberapa persiapan yang harus kamu lakukan sebelum melakukan pendakian.

Hal Yang Harus Disiapkan

  • Informasi seputar daerah pendakian
    Hal yang pertama dan sangat penting adalah kamu harus tahu bagaimana kondisi dari lokasi yang akan kamu daki. Pelajari terlabih dahulu track dari daerah pendakian, apa saja yang harus dan tidak boleh dilakukan saat pendakian dan masih banyak lagi. Informasi yang lengkap dan rinci akan membuatmu siap melakukan pendakian dengan segala perencanaan yang matang.
  • Kondisi kesehatan tubuh dan mental
    Hal kedua yang juga penting adalah kondisi kesehatan tubuh dan juga mental. Medan yang berat mengharuskan kamu memiliki kondisi tubuh yang benar-benar fit. Selain itu mental yang kuat untuk menaklukkan gunung.

 

Barang Yang Wajib Dibawa

  • Tenda dan sleeping
    Tentu saja tenda menjadi barang penting untuk tempat berteduh selama pendakian. Jangan lupa untuk membawa sleeping bag sebagai kantung tidur.
  • Jaket/ pakaian hangat
    Udara gunung yang dingin mewajibkanmu untuk membawa setidaknya 1-2 pakaian hangat. Pakai jaket tebal berbahan wol, katun atau parasut untuk menghalangi hawa dingin.
  • Sepatu Hiking
    Pakailah sepatu yang memang worth it untuk mendaki. Hindari pemakaian sepatu dengan bahan sol licin karena kondisi tanah gunung yang terkadang licin.
  • Obat-obatan
    Obat-obatan tidak boleh kamu tinggalkan karena bisa saja tubuhmu tergores oleh ranting pohon atau kakimu terluka tersandung akan pepohonan. Belum lagi serangan sakit migrain yang kerap datang tanpa permisi. Siapkan bodrex Migra dengan kombinasi parasetamol dan propifenazon khusus untuk membantu redakan sakit kepala sebelah/migrain. Migrain hilang, fokus kembali datang.
  • Peralatan Memasak dan Makanan
    Bawalah peralatan memasak portable untuk memudahkanmu memasak logistic selama di gunung. Jangan lupa untuk membawa cadangan bahan bakarnya.
  • Jas Hujan
    Iklim di gunung sangat sulit untuk diprediksi. Bisa saja pagi hari cerah tapi siang hari hujan turun. Maka dari itu, kamu wajib membawa jas hujan yang terkadang juga bisa kamu gunakan sebagai tenda darurat.

 

Siapkan segera perlengkapan ini karena musim hujan akan segera menyapa. Hati-hati di jalan ya!

ARTIKELTERKAIT

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more
Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?
30-June-2020

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, .... read more