Pernahkah Kamu Merasakan Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur Siang? Yuk Simak Cara Meredakannya!

Pernahkah Kamu Merasakan Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur Siang? Yuk Simak Cara Meredakannya!

Saat merasa lelah dan butuh istirahat, banyak orang akan memilih untuk tidur siang selama beberapa saat. Namun, alih-alih merasa segar dan stamina bertambah, ternyata tak jarang juga yang justru merasa sakit kepala setelah bangun siang. Apakah kamu salah satunya?

Penyebab Sakit Kepala Setelah Tidur Siang

Dilansir dari laman online Hellosehat.com, beberapa hal berikut ini mungkin saja menjadi penyebab sakit kepala setelah tidur siang yang Anda alami selama ini.

1. Adanya gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan yang ditandai dengan kebiasaan mendengkur bisa menjadi salah satu penyebab Anda merasakan sakit kepala setelah bangun tidur siang. Kondisi ini juga bisa mengindikasikan bahwa Anda mengalami obstructive sleep apnea (OSA), di mana otot tenggorokan mengendur, saluran pernapasan menyempit dan menutup saat bernapas. Jika hal ini terjadi, maka kadar oksigen dalam tubuh akan menurun dan menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala saat bangun tidur.

2. Otot leher yang tegang

Hal selanjutnya yang juga menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur siang adalah karena otot leher yang tegang. Kondisi ini bisa disebabkan posisi bantal yang salah, bantal yang terlalu keras, atau tidur dengan memosisikan leher di sandaran kursi yang keras. Saat otot leher menegang, rasa pegal dan sakitnya akan memicu sakit kepala yang cukup mengganggu.

3. Kebiasaan gemeretak gigi atau bruxism

Selain mendengkur, kebiasaan menggemeretakkan gigi juga memicu sakit kepala saat bangun tidur. Pasalnya, saat seseorang menggemeretakkan giginya bisa menyebabkan otot pipi, dagu, hingga pelipisnya tertarik lebih dari biasanya, sehingga memicu rasa nyeri di kepala.

4. Kekurangan tidur di malam hari

Selain ketiga hal di atas, kekurangan waktu tidur di malam hari juga bisa menyebabkan seseorang merasa sakit kepala setelah bangun tidur siang. Hal ini terjadi akibat menurunnya kadar oksigen dalam tubuh. Jika terjadi secara terus-menerus, maka bisa menyebabkan sakit kepala yang akan sangat mengganggu.

Cara Meredakan Sakit Kepala setelah Tidur Siang

Mengatasi sakit kepala setelah bangun tidur siang tentu harus dilakukan sesuai dengan kemungkinan pemicunya. Setelah mengetahui kemungkinannya, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meredakan sakit kepala yang dialami.

  1. Jika memiliki gangguan pernapasan (kebiasaan mendengkur), sebaiknya mulai terapkan pola hidup sehat serta mengonsultasikan kondisi kesehatan langsung pada dokter.
  2. Bruxism yang bisa memicu sakit kepala bisa diatasi dengan menggunakan pelindung mulut setelah mengonsultasikannya dengan dokter. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga seperti meditasi dan yoga agar otot dan saraf lebih rileks, pasalnya bruxism atau kebiasaan menggemeretakkan gigi bisa disebabkan stress berlebih.
  3. Menggunakan bantal dan kasur yang nyaman, yaitu tidak terlalu keras maupun terlalu empuk. Saat berada di perjalanan, sebaiknya gunakan bantal leher yang nyaman dan hindari tidur dalam posisi badan menelungkup ke meja.
  4. Hindari tidur siang yang terlalu lama, sebaiknya lakukan selama maksimal 30 menit saja untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Tidur siang terlalu lama hanya akan meningkatkan risiko sakit kepala dan juga kesulitan tidur di malam hari.
  5. Hindari begadang di malam hari. Usahakan untuk tidur selama enam hingga delapan jam setiap malamnya, ya!

Tak hanya kelima hal di atas, cara meredakan sakit kepala setelah bangun tidur siang yang bisa Anda lakukan adalah dengan minum obat pereda sakit kepala yang cepat meredakan sakit kepala dan dapat diminum baik sebelum maupun sesudah makan tanpa menimbulkan kantuk, sehingga Anda bisa melanjutkan aktivitas dengan lebih nyaman.

bodrex untuk sakit kepala mencengkram