Pernah Sakit Kepala Setelah Keramas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pernah Sakit Kepala Setelah Keramas? Mungkin Ini Penyebabnya!

Bagi sebagian orang, keramas menjadi hal menyenangkan dan bisa membuat badan terasa segar. Namun, ternyata tak sedikit juga yang justru mengalami sakit kepala setelah keramas. Hmm, apakah Anda salah satunya? Kira-kira apa penyebabnya?

Sakit Kepala Setelah Keramas

Setiap orang tentunya memiliki pengalaman sakit kepala setelah keramas yang berbeda-beda. Ada yang baru merasakan gejalanya 15 menit hingga satu jam setelah mencuci rambut, terutama yang membilasnya menggunakan air dingin. Rasa nyerinya pun beragam, ada yang hanya merasakan sakit kepala sebelah hingga sakit kepala di seluruh bagian kepala dan belakang mata. Bahkan, ada juga yang merasakan mual setelahnya.

Meski belum ada penelitian yang menemukan penyebab seseorang mengalami sakit kepala setelah mencuci rambut dan membilasnya dengan air dingin maupun hangat, namun beberapa ahli menyimpulkan ada beberapa kemungkinan hal yang memicu terjadinya sakit kepala seperti berikut ini.

  • Rambut yang basah dan lembap

Dilansir dari Helosehat.com, sebuah penelitian di India   dalam jurnal Annals of Indian Academy of Neurology menunjukkan bahwa 14,5% dari total peserta penelitian melaporkan bahwa mereka mengalami sakit kepala sebelah setelah mencuci rambutnya, di mana sebagian besar pesertanya dalam kondisi rambut yang basah. Rambut yang basah dan lembap sendiri merupakan penyebab turunnya suhu pada leher dan kepala secara tiba-tiba. Hal ini membuat saraf otak merasa kesulitan saat menyeimbangkan suhunya, sehingga muncullah rasa nyeri di kepala setelah keramas.

  • Wangi sampo yang terlalu menyengat

Bagi seseorang dengan indera penciuman yang sangat kuat, wangi atau aroma sampo yang cukup menyengat bisa mengganggu saraf di otak. Saat mencium wangi yang terlalu menyengat, hal ini akan mengaktifkan saraf otak yang merespon rasa sakit. Hal inilah yang membuat seseorang akhirnya mengalami migraine setelah mencuci rambutnya.

  • Suhu air yang terlalu dingin 

Dibanding membilas menggunakan air hangat, kebanyakan orang akan merasa sakit kepala setelah membilas rambutnya menggunakan air dingin. Saat seseorang membilas rambut menggunakan air yang terlalu dingin, saraf otak akan menangkap sinyal seolah-olah tubuh sedang diserang hipotermia (radang dingin), sehingga muncul timbul gejala pusing, mual, dan sakit kepala.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang pernah mengalami sakit kepala setelah keramas, sebaiknya lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Hindari membilas rambut menggunakan air yang terlalu dingin, terutama jika Anda sedang kekurangan waktu tidur.
  • Mengeringkan rambut menggunakan handuk agar kulit kepala tidak lembap dan kedinginan.
  • Memilih sampo dengan bahan dan aroma yang tidak terlalu menyengat.

Jika sakit kepala berlangsung cukup lama setelah keramas, Anda bisa meredakannya dengan cara minum obat sakit kepala yang mengandung Paracetamol yang dikenal efektif mengurangi rasa nyeri pada tubuh, salah satunya saat sakit kepala atau dengan mengonsultasikannya langsung pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.