Migrain atau sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang dialami oleh hampir sebagian besar penduduk dunia, dan menurut artikel yang dilansir dari laman online CNN Indonesia ada sebuah penelitian menyebutkan bahwa kaum wanita memiliki risiko lebih tinggi terserang migrain dibanding pria. Bahkan, menurut penelitian yang dilakukan oleh Migraine Research Foundation menunjukkan bahwa 85 persen penderita migrain adalah wanita. Tak hanya itu, rasa sakit yang muncul juga akan lebih besar dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Lalu, faktor apa saja yang menjadi penyebab wanita lebih sering alami sakit kepala sebelah? Simak penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Hormon

Menurut para ahli medis, faktor utama yang menjadi penyebab wanita lebih sering alami sakit kepala sebelah adalah adanya perbedaan hormon, terutama pada saat mengalami menstruasi, mengonsumsi pil KB, dan juga menopause di mana keadaan hormon wanita tidak seimbang. Dalam kondisi ini, hormon serotonin dalam tubuh mengalami penurunan yang menyebabkan pembuluh darah mengalami pelebaran yang memicu timbulnya sakit kepala sebelah atau migrain.

Perubahan Emosi

Wanita dikenal sebagai makhluk yang sensitif atau perasa, di mana emosinya bisa berubah secara tiba-tiba menjadi terlalu bahagia atau sedih. Perubahan emosi inilah yang juga kerap kali menjadi penyebab wanita lebih sering alami sakit kepala sebelah yang diakibatkan oleh naik turunnya aliran darah serta saraf yang tertekan pada otak.

Pola Tidur

Faktor penyebab selanjutnya adalah karena kekurangan atau terlalu banyak tidur, serta perubahan jam tidur karena adanya perbedaan zona waktu di tempat tertentu. Hal inilah yang akhirnya memicu otak untuk bekerja dua kali lebih berat dan memicu timbulnya rasa sakit kepala sebelah. Oleh karena itu, ada baiknya untuk selalu mencukupi waku istirahat, yaitu enam hingga delapan jam setiap malamnya bagi orang dewasa.

Selain ketiga faktor di atas, beberapa hal lain seperti sering terpapar asap, depresi, memiliki pekerjaan lebih dari satu, dan terlalu banyak mengonsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi penyebab wanita lebih sering alami sakit kepala sebelah. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk mulai memperbaiki pola makan dan  pola tidur secara perlahan. Jika migrain mulai menyerang, luangkan sedikit waktu untuk istirahat sejenak dari aktivitas dan redakan rasa sakitnya dengan minum bodrex Migra yang mengandung Paracetamol, Propyphenazone, dan Caffeine di dalamnya. Dengan begini, sakit kepala sebelah mereda, aktivitas pun lancar adanya.

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more