Berenang adalah olahraga yang menyenangkan. Olahraga satu ini juga sering dianjurkan oleh para ahli untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti memperbaiki postur tubuh, kehamilan, ataupun terapi pasca cedera. Akan tetapi, sebagian orang justru sering mengeluh sakit kepala setelah berenang.  Ternyata, ada beberapa alasan yang bisa menjadi pemicunya. Apa saja penyebab sering sakit kepala setelah berenang?

Tekanan Eksternal

Saat berenang, sangat mungkin jika Anda mengalami tekanan pada bagian dahi dan kulit kepala. tekanan ini berasal dari kacamata dan topi renang. Tekanan yang ketat dari kedua perlengkapan renang ini menghasilkan sensasi berdenyut. Namun tak perlu khawatir karena sensasi berdenyut ini cenderung hilang dengan sendirinya setelah Anda melepas kacamata dan topi renang tersebut.

Supraorbital Neuralgia

Gangguan wajah yang tidak biasa yang disebabkan kacamata renang. Umumnya dikenal sebagai "sakit kepala goggle". Rasa sakit berfokus pada bagiantengah dahi. Penderita memiliki rasa sakit yang konstan atau kejang pada saraf atau disebut juga supraorbital neuralgia.

Cuaca panas

Berenang saat cuaca panas memang membuat tubuh terasa segar. Namun jika cuaca sangat terik, akibatnya bisa sebaliknya. Anda justru bisa mengalami sakit kepala berkepanjangan, bahkan hingga terasa mual. Sebaiknya hindari berenang pada saat tengah hari atau saat matahari sedang sangat terik. Berenang di bawah pukul 10 pagi dan di atas pukul 4 sore lebih dianjurkan untuk menghindari risiko sakit kepala ini.

Sinus

Salah satu jenis sakit kepala yang lebih umum setelah berenang adalah sakit kepala sinus. Virus dan bakteri lain mampu masuk ke rongga hidung dan dapat menyebabkan peradangan. Klorin juga dapat mengiritasi lapisan hidung dan membran sinus, yang dapat menyebabkan sakit kepala dan sinusitis. Perubahan tekanan udara juga dapat menyumbat sinus, sehingga menyebabkan sakit kepala sinus.

Dehidrasi

Anda mungkin tidak merasa haus ketika sedang berada di dalam air dan bagian luar tubuh terasa segar. Namun faktanya, berenang tetaplah olahraga yang melelahkan sekalipun Anda terkesan tidak berkeringat. Oleh karna itu sangat mungkin jika Anda mengalami dehidrasi saat berenang. Minumlah cukup air putih di sela-sela latihan renang yang Anda lakukan utu menghindari dehidrasi yang mengakibatkan sakit kepala.

Penyebab lainnya

Jika tidak bisa mengatur nafas dengan baik saat berenang, asupan oksigen ke otak otomatis akan terganggu. Hal ini juga bisa menyebabkan sakit kepala. Begitu pula dengan kemasukan air di bagian telinga.

Cari tahu pemicu sakit kepala Anda saat berenang dan segera lakukan penanganan yang tepat sesuai dengan penyebabnya. Jika sakit kepala tak kunjung hilang, minumlah bodrex sebagai pertolongan pertama sakit kepala Anda. Kandungan paracetamol-nya mampu redakan sakit kepala dengan cepat. bodrex, ahlinya sakit kepala!

 

Sumber: www.ncbi.nlm.nih.gov, verywellhealth.com

ARTIKELTERKAIT

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja
20-May-2020

Tempo Scan Home Delivery, Penuhi Kebutuhan Belanja Produk Tempo Scan Group #diRumahAja

Pandemi COVID-19 telah memaksa kita semua untuk menjaga jarak dan melakukan berbagai aktivitas #dirumahaja. Namun,hal ini tidak berarti membuat Anda .... read more
Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja
13-May-2020

Praktis, Ini Obat Pereda Sakit Kepala dan Demam Tinggi Saat #dirumahaja

Oleh karena itu, jika sakit kepala mulai melanda akibat stress saat berada di rumah, ini dia solusi untuk meringankan rasa .... read more
Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi
09-May-2020

Cara Seru Mencegah Penularan Covid-19 dan Mengurangi Rasa Panik saat Pandemi

Namun, ternyata masih ada cara seru mencegah penularan covid-19 dan mengurangi rasa panik yang bisa Anda lakukan meski #dirumahaja, lho. .... read more