Penyebab Sakit Kepala Tak Hilang Walau Sudah Diobati

Penyebab Sakit Kepala Tak Hilang Walau Sudah Diobati

Sakit kepala pada dasarnya penyakit yang umum terjadi. Obat sakit kepala yang beredar di pasaran pun cukup banyak dan mudah didapat. Namun pernahkah Anda merasa sakit kepala tak kunjung hilang padahal sudah minum obat? Ternyata ada beberapa faktor yang menjadi penyebabnya. Jika Anda juga mengalami hal yang sama, mungkin Anda pun melakukan ‘kesalahan’ berikut ini.

Mengabaikan Istirahat
Banyak orang berpikir obat adalah solusi pasti dari semua penyakit. Padahal obat bukanlah solusi tunggal. Apalagi jika itu berkaitan dengan sakit kepala. Istirahat yang dimaksud tidak selalu berupa tidur, namun rehat sejenak dari apa yang sedang Anda lakukan untuk membuat tubuh lebih santai. Sakit kepala sebelah (migrain) misalnya - gejalanya akan bertambah parah jika Anda mendengar suara yang terlalu bising atau cahaya yang terang. Ada baiknya Anda mencuri waktu 10-15 menit untuk minum obat dan berdiam diri di tempat yang tenang sebelum Anda kembali melanjutkan aktivitas. Dengan demikian kerja obat akan lebih efektif dan gejala sakit akan lebih cepat hilang.

Stres
Sakit fisik terkadang berawal dari ‘penyakit’ yang ada di pikiran Anda. Tekanan pekerjaan, masalah keluarga, pertemanan, keuangan, atau apapun yang membebani pikiran dan membuat Anda stres bisa menyebabkan keluhan sakit fisik juga. Sakit kepala adalah salah satu gejala yang paling sering muncul akibat stres. Jika sakit kepala yang Anda alami berasal dari stres, maka yang Anda butuhkan bukan sekadar obat-obatan, tetapi Anda harus menuntaskan pemicu stresnya terlebih dulu. Pikiran yang tenang dan sehat akan membuat sakit kepala Anda lebih mudah hilang.

Cara Minum Obat Salah
Jika minum obat, perhatikan betul cara penggunaan dan dosisnya. Apakah obat harus diminum sebelum atau sesudah makan? Berapa kali sehari dan berapa tablet? Jangan sekali-sekali menyalahi aturan minum obat karena kerja obat tidak akan efektif. Selain itu, obat sebaiknya diminum dengan air putih dan tidak dicampur dengan makanan ataupun minuman lainnya.