Penderita Sakit Kepala Sebelah Harus Tahu 8 Fakta Menarik Ini

Penderita Sakit Kepala Sebelah Harus Tahu 8 Fakta Menarik Ini

Sakit kepala sebelah dikenal sebagai salah satu penyakit yang banyak diderita oleh penduduk dunia. Melakukan aktivitas berat secara berulang, terlalu lama menatap layar komputer, kurangnya pencahayaan, terlambat makan, dan pola tidur yang kurang baik menjadi beberapa faktor pemicunya. Jika Anda adalah salah satu penderitanya, beberapa fakta menarik seputar sakit kepala sebelah seperti yang dilansir dari situs resmi Migrain Research Foundation berikut ini patut untuk diketahui.

  1. Penyakit migrain atau sakit kepala sebelah masuk kedalam urutan ketiga penyakit yang banyak diderita oleh penduduk di dunia.
  2. Migrain lebih banyak menyerang wanita dibandingkan pria.
  3. Biasanya penyakit yang satu ini banyak menyerang pria maupun wanita usia antara 18 hingga 44 tahun.
  4. Merupakan salah satu penyakit keturunan dalam satu keluarga.
  5. Banyak orang tak menyadari bahwa sakit kepala sebelah merupakan penyakit yang cukup membahayakan bagi banyak orang di dunia ini.
  6. Migrain bukan hanya sekadar rasa nyeri pada daerah kepala namun juga bisa menjadi salah satu gejala penyakit saraf dan bisa semakin parah jika tidak diberikan penanganan langsung.
  7. Keluhan sakit kepala ini biasanya juga disertai dengan gejala lain, seperti muntah, pusing, sensitif terhadap bau, cahaya, sentuhan, hingga rasa kesemutan di beberapa bagian tubuh manusia.
  8. Tak hanya pria dan wanita saja, migrain juga bisa menyerang remaja usia 15-19 tahun. Berbeda dengan orang dewasa di mana penderitanya lebih banyak wanita, sakit kepala sebelah yang terjadi pada anak remaja lebih banyak dialami oleh anak remaja laki-laki.

Jika melihat fakta bahwa migrain bisa menyerang seseorang di usia muda, maka alangkah baiknya untuk selalu menjaga pola hidup dan pola tidur dengan baik sejak dini. Tak hanya itu, hindari juga beberapa aktivitas yang akan memicu timbulnya sakit kepala sebelah, seperti terlalu lama menatap layar komputer dan handphone dengan pencahayaan yang minim atau terlalu terang.

 

Untuk mengantisipasi munculnya penyakit yang satu ini, penting juga untuk selalu melengkapi persediaan obat di rumah dengan minum obat yang mengandung Paracetamol, Propyphenazone, dan Caffeine untuk membantu meredakan sakit kepala saat migrain melanda.