Nutrisi Penting untuk Mencegah Sakit Kepala Mencengkeram

Nutrisi Penting untuk Mencegah Sakit Kepala Mencengkeram

Sakit kepala mencengkeram memang belum diketahui secara pasti penyebabnya. Meski demikian, beberapa hal diduga dapat menjadi pemicu, salah satunya kekurangan nutrisi penting seperti Vitamin D. Benarkah kekurangan Vitamin D, picu sakit kepala mencengkeram? Berikut penjelasannya!

Terkait khasiat Vitamin D terhadap sakit kepala, sebenarnya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, pada suatu randomized controlled trial (RCT)—sebuah metode yang sering digunakan saat uji coba obat—mengenai suplementasi vitamin D serta kalsium  terhadap pasien dengan sakit kepala menunjukkan adanya pengurangan gejala, frekuensi, serta durasi yang signifikan pada pasien sakit kepala. Disebutkan pula bahwa hal ini dapat terjadi mungkin dikarenakan kalsium dan vitamin D dapat mempengaruhi tubuh secara hormonal dan fisiologis.

Pada 2009, sebuah penelitian juga mempublikasikan case series mengenai kemungkinan adanya hubungan serum vitamin D yang kurang dengan sakit kepala. Peneliti melaporkan delapan kasus pasien dengan sakit kepala tegang yang diberikan suplementasi vitamin D. Dikarenakan meningkatnya kondisi pasien dengan suplementasi vitamin D, peneliti berspekulasi bahwa vitamin D berhubungan dengan sakit kepala tegang. Namun sekali lagi, hal ini masih perlu dipastikan dengan penelitian lebih lanjut.

Meski demikian Anda masih bisa melakukan langkah pencegahan untuk sakit kepala mencengkeram  di antaranya:

Penuhi kebutuhan dasar

Tidur yang cukup, jangan melewatkan waktu makan, dan pastikan untuk menghindari stres dan kelelahan.

Teknik relaksasi

Melakukan peregangan, memakai bantal penghangat di bagian leher, melakukan pijatan, dan bermeditasi bisa Anda coba untuk merelaksasi diri.

Memperbaiki postur tubuh

Kebiasaan duduk sambil membungkuk, berdiri dengan bertumpu pada satu kaki, atau posisi tidur yang salah dapat memicu sakit kepala mencengkeram. Ubah kebiasaan Anda agar bisa memiliki postur tubuh yang lebih baik.

 

Perhatikan asupan nutrisi

Sekalipun kaitan vitamin D dan sakit kepala masih belum bisa divalidasi, namun tidak ada salahnya memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda. Mengonsumsi makanan bergizi dan bernutrisi akan membuat daya tahan tubuh meningkat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Konsumsi obat sakit kepala. Apabila sakit kepala mencengkeram menyerang, segera redakan dengan obat sakit kepala. Bila sakit kepala disertai gejala lain dan tak kunjung membaik, segera temui dokter.

atasi sakit kepala mencengkeram dengan bodrex extra