Mengenal dan Mengobati Jenis Batuk yang Sering Dialami Orang Dewasa

Mengenal dan Mengobati Jenis Batuk yang Sering Dialami Orang Dewasa

Anda munngkin tahu bahwa batuk memiliki variasi jenis yang berbeda. Perbedaan jenis ini tentu saja membuat penanganan antar batuk yang satu dengan yang lainnya berbeda. Sebelum minum obat, tak ada salahnya mengenal jenis batuk yang sering dialami orang dewasa sehingga Anda tidak salah langkah saat mengobatinya.

Batuk basah (Wet cough)

Batuk basah, juga disebut batuk produktif, adalah batuk yang biasanya memunculkan lendir oleh karena itu dikenal juga dengan sebutan batuk berdahak. Batuk berdahak biasanya muncul ketika Anda mengalami pilek atau flu. Batuk berdahak terdengar basah karena tubuh mengeluarkan lendir dari sistem pernapasan, termasuk tenggorokan, hidung, saluran udara, dan paru-paru. Saat mengalami batuk berdahak, Anda mungkin merasa ada sesuatu yang tersangkut atau menetes di bagian belakang tenggorokan atau di dada. Saaat batuk, lendir dari sistem pernapasan mungkin akan terdorong ke dalam mulut Anda.

Batuk kering (Dry cough)

Batuk kering adalah batuk yang tidak mengeluarkan lendir. Anda mungkin merasa seperti tergelitik pada bagian belakang tenggorokan yang memicu refleks batuk Anda. Batuk kering seringkali sulit dikendalikan dan mungkin berlangsung dalam waktu lama. Batuk kering terjadi karena ada peradangan atau iritasi pada saluran pernapasan Anda, tetapi tidak ada lendir berlebih yang batuk. Batuk kering sering disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek atau flu.

Meski mengganggu dan melelahkan, batuk kering maupun berdahak yang menyertai flu sebenarnya dapat Anda atasi dengan menggunakan obat yang tepat. Jika flu disertai batuk berdahak, Anda bisa mengonsumsi obat yang mengandung kombinasi paracetamol, phenylephrine, guaifenesin dan bromhexine, bekerja sebagai analgesik-antipiretik (pereda nyeri dan penurun panas), dekongestan (pelega hidung),  mukolitik (pengencer dahak), dan ekspektoran (pengeluaran dahak). Efektif mengeluarkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.

Sedangkan jika Anda menderita flu disertai batuk tidak berdahak, pilih obat dengan formula paracetamol, phenylephrine, dextromethorphan, bekerja sinergis untuk meredakan gejala Flu seperti demam, hidung tersumbat dan bersin-bersin sekaligus mengatasi batuk tidak berdahak, kering dan terasa serak di tenggorokan. 

Sumber: healthline.com