Fobia adalah ketakutan irasional terhadap suatu benda atau fenomena yang sebenarnya tidak berbahaya tetapi tetap memicu kecemasan yang berlebihan. Berbeda dengan rasa takut dan gelisah yang sekilas kamu rasakan pada situasi seperti lampu yang tiba-tiba mati atau mendengar suara petir yang menggelegar, fobia bisa membuat pengidapnya amat sangat takut sampai dia mengalami gejala-gejala seperti panik, sesak napas, dan bahkan pingsan.

Dari berbagai jenis fobia, mungkin kamu sudah mendengar beberapa yang umum di masyarakat. Namun, jenis-jenis fobia yang ada di bawah ini mungkin kamu tidak pernah dengar sebelumnya karena sangat unik. Penasaran?

1. Neophobia – Takut Akan Hal Baru
Disebut juga dengan cainotophobia, seorang pengidap neophobia takut akan hal-hal atau pengalaman baru. Mereka enggan mencoba hal-hal yang di luar dari rutinitas. Seringkali, gejala neophobia dapat ditemukan pada anak-anak yang susah makan atau hanya suka makanan jenis tertentu saja.

2. Tyrophobia – Takut Melihat Lubang
Mungkin kedengarannya aneh, tapi banyak orang mengidap fobia yang satu ini. Seorang penderita tyrophobia akan merasa tidak nyaman, ngeri, bahkan mual melihat pola rongga yang terulang seperti gelembung sabun, terumbu karang, dan biji bunga teratai.

3. Mageirocophobia – Takut Memasak
Biasanya dialami oleh orang dewasa, mageirocophobia adalah fobia dengan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan memasak. Walaupun kedengarannya tidak berbahaya, mageirocophobia dapat menyebabkan penderitanya untuk hidup tidak sehat karena lebih memilih makanan instan daripada memasak sendiri.

4. Nomophobia – Takut Kehilangan Gadget
Tidak bisa lepas dari gadget kamu? Hati-hati karena kamu mungkin juga punya nomophobia. Seperti yang kamu kira, singkatan dari “NO-Mobile-phone Phobia” ini berarti ketakutan yang muncul baik karena kehilangan gadget, tidak ada sinyal, ataupun kehabisan baterai. Tanda-tanda kamu termasuk golongan nomophobic adalah antara lain: tidur dengan gadget yang diletakkan di samping bantal, selalu membawa charger, dan tidak pernah mematikan gadget.

5. Pentheraphobia – Takut Dengan Ibu Mertua
Diambil dari kata Yunani ‘penthera’ yang berarti ibu mertua, penderita fobia ini mempunyai ketakutan irasional terhadan ibu pasangan atau mertua. Fobia ini dapat disebabkan oleh trauma masa lalu atau karena ibu mertuanya memang amat sangat galak.

Beberapa fobia bisa disembuhkan dengan melakukan sejumlah terapi. Terapi menjadi hal yang diperlukan jika fobia yang diidap sudah mengganggu kehidupan penderitanya.

 

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini
18-July-2019

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini

Hindari Sakit Kepala Belakang dgn 4 Tips Olahraga Ini - Lakukan gerakan yang tepat untuk mengatasi dua masalah tersebut dengan .... read more
5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang
24-July-2019

5 Hal yang Bisa Memperburuk Sakit Kepala Belakang

Sebelum Anda melakukan langkah-langkah yang salah yang mengakibatkan sakit kepala mencengkeram tak tertahankan, ada baiknya untuk menghindari 5 hal berikut .... read more
Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang
12-July-2019

Posisi Tidur yang Tepat untuk Penderita Sakit Kepala Belakang

Sama seperti leher dan punggung,bahu juga bisa memberi dampak langsung terhadap munculnya sakit kepala bagian belakang. Oleh karena itu, cobalah .... read more