Mengapa Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

Mengapa Sakit Gigi Bisa Menyebabkan Sakit Kepala?

Sakit kepala bisa terjadi karena banyak hal, salah satunya juga dipicu oleh sakit gigi. Hal ini terjadi karena kesehatan gigi dan mulut berhubungan erat dengan kesehatan tubuh manusia secara keseluruhan. Lalu, apa yang menyebabkan seseorang bisa mengalami sakit kepala yang cukup hebat saat sakit gigi? Simak penjelasannya berikut ini.

Sakit Gigi Menyebabkan Sakit Kepala

Dilansir dari Klikdokter.com, kepala dan wajah manusia terdiri dari ribuan saraf serta otot tubuh yang berfungsi meneruskan rangsangan atau stimulus ke otak dan sistem saraf pusat, salah satunya adalah rasa sakit. Biasanya, sakit kepala yang terjadi saat seseorang mengalami sakit gigi terjadi karena saraf trigeminal mengalami gangguan. Namun perlu diketahui bahwa tidak semua sakit gigi bisa memicu sakit kepala pada seseorang, seperti gigi berlubang, gigi retak atau patah, gigi yang sudah non vital, dan infeksi gusi yang berhubungan dengan pertumbuhan gigi susu. Kondisi sakit gigi ini biasanya hanya menimbulkan rasa sakit di bagian rongga mulut saja. Sebaliknya, kondisi sakit gigi yang menyebabkan sakit kepala adalah sebagai berikut.

  • Abses atau infeksi gigi yang disebabkan lubang pada gigi sudah terlalu dalam dan menyebabkan peradangan hebat pada gigi atau jaringan yang ada di sekitar bagian tersebut. Saat infeksi gigi mengenai bagian saraf wajah, maka akan timbul rasa sakit berdenyut mulai dari bagian rahang, daerah samping wajah, hingga ke kepala.
  • Infeksi setelah pencabutan gigi (dry socket), yaitu infeksi yang terjadi di permukaan tulang setelah proses pencabutan gigi. Rasa sakitnya sendiri biasanya dimulai dari bagian gigi, menjalar ke wajah, kepala, hingga ke leher.
  • Gangguan sendi rahang, di mana otot-otot yang mengontrol pergerakan sendi tidak bekerja sebagaimana mestinya dan menimbulkan rasa sakit yang tajam. Beberapa kondisi yang bisa menjadi faktor penyebabnya antara lain sering menggemeratakkan gigi (bruxism), pemasangan gigi palsu yang tidak tepat, dan juga kebiasaan mengunyah menggunakan satu sisi gigi saja.
  • Impaksi gigi bungsu akibat gigi bungsu tidak memiliki tempat yang cukup untuk tumbuh. Hal ini dapat menyebabkan rahang menjadi kaku hingga terjadi infeksi yang menyebabkan sakit hingga ke kepala.

Apa yang harus dilakukan?

Cara paling cepat untuk mengatasi sakit kepala akibat sakit gigi adalah dengan beberapa langkah berikut ini.

  • Segara minum obat yang mengandung Paracetamol. Paracetamol dikenal sebagai obat yang berfungsi mengatasi rasa nyeri, seperti sakit kepala dan sakit gigi
  • Hindari juga beberapa makanan yang mengandung bahan perusak gigi
  • Gunakan sikat gigi berbulu halus dan lembut

Jika sakit kepala dan sakit gigi tak kunjung membaik, segera periksakan kondisi gigi pada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!