Mengapa Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Membuat Tenggorokan Terasa Gatal dan Sakit?

Mengapa Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak Membuat Tenggorokan Terasa Gatal dan Sakit?

Bisa dibilang bahwa hampir semua orang yang mengalami baik batuk berdahak maupun batuk kering akan merasakan sensasi gatal dan menggelitik pada tenggorokan. Umumnya, batuk merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan lendir, iritan, atau partikel lain yang bisa memicu rasa gatal. Meskipun begitu, tak selamanya juga batuk bisa menghilangkan partikel atau benda asing yang memicunya. Bahkan, tak jarang orang akan merasakan perih dan sakit pada tenggorokan setelah batuk. Hal ini karena hentakan batuk yang terjadi terlalu kencang dan akhirnya melukai tenggorokan.

Penyebab tenggorokan terasa gatal dan sakit saat batuk

Dilansir dari laman online Medicalnewstoday.com, rasa gatal yang menggelitik di tenggorokan saat batuk umumnya disebabkan oleh adanya infeksi virus, bakteri, debu, kotoran, maupun irisan yang menempel pada tenggorokan sebagai saluran pernapasan manusia. Kondisi ini biasanya terjadi akibat flu maupun tertular dari orang lain. Selain tenggorokan yang terasa sangat gatal dan mengganggu, penderita batuk juga biasanya akan mengalami beberapa hal berikut ini.

  • Sakit tenggorokan
  • Kesulitan saat menelan dan berbicara
  • Tenggorokan terasa tergores
  • Terasa seperti ada debu, benjolan, maupun sesuatu yang menyangkut di tenggorokan

Namun tak perlu khawatir, meski sangat mengganggu kondisi ini akan segera membaik dalam hitungan hari dengan melakukan beberapa perawatan sederhana berikut ini.

  • Istirahat cukup
  • Mencukupi kebutuhan cairan tubuh melalui air mineral hangat untuk mencegah dehidrasi sekaligus untuk menenangkan tenggorokan
  • Berkumur menggunakan larutan garam untuk mengatasi rasa gatal dan sakit pada tenggorokan (gargling)
  • Melakukan inhalasi (uap) sederhana di rumah, misalnya dengan cara menghirup uap panas yang diperoleh dari air panas

Selain beberapa cara di atas, Anda juga bisa mengatasi rasa gatal dan sakit pada tenggorokan ketika mengalami batuk berdahak maupun batuk kering dengan minum obat batuk sesuai dengan dosis dan aturan pakai. Untuk yang satu ini, pastikan obat batuk yang Anda pilih memiliki kandungan Guaifenesin berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak, Dextromethorphan yang bekerja menekan titik pusat batuk di otak sehingga membantu meredakan batuk, serta Bromhexine HCl berfungsi untuk mengencerkan dan mengeluarkan dahak.

beda gejala beda obatnya, bodrex obat flu dan batuk pe