Memanfaatkan Bahan Alami sebagai Ramuan Herbal Batuk Kering dan Berdahak Selama #dirumahaja

Memanfaatkan Bahan Alami sebagai Ramuan Herbal Batuk Kering dan Berdahak Selama #dirumahaja

Meracik ramuan herbal batuk kering dan berdahak dengan memanfaatkan bahan alami yang ada di rumah tentu memiliki banyak manfaat. Selain bisa mengisi kegiatan selama #dirumahaja saat pandemik, hal ini juga bisa menjadi pertolongan awal dan sederhana untuk meredakan batuk secara efektif agar tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Lalu, apa saja bahan alami yang Anda butuhkan untuk membuat ramuan herbal batuk di rumah? Simak penjelasannya berikut ini.

Jahe

Tanaman obat keluarga yang bisa Anda manfaatkan sebagai bahan baku ramuan herbal batuk kering dan berdahak adalah jahe. Menurut sebuah artikel yang dilansir dari laman online situs Wolipop.com, jahe mengandung Gingerol, yaitu zat yang memberikan sensasi hangat pada tenggorokan dan bisa dijadikan sebagai zat anti peradangan serta antioksidan. Hal inilah yang membuat jahe banyak dimanfaatkan sebagai obat tradisional beberapa penyakit, salah satunya adalah untuk meredakan batuk.

Biasanya, kebanyakan orang akan merebus jahe dan mencampur air rebusannya dengan madu atau dengan cara diparut kemudian diperas untuk diambil airnya untuk meredakan batuk yang dideritanya. Sifat jahe yang diaphoretic membuat jahe sangat cocok untuk melegakan napas dan tenggorokan saat batuk.

Kencur

Bahan alami selanjutnya adalah kencur yang bisa Anda dapatkan dengan mudah di pasar, supermarket, atau dengan menanamnya sendiri di rumah. Sama halnya seperti jahe, kencur juga memiliki kandungan nutrisi baik di dalamnya, seperti vitamin C, vitamin B kompleks, betakaroten, dan kalsium. Selanjutnya, seperti yang dijelaskan dalam artikel di laman online Halodoc.com, kencur juga mengandung senyawa aromatic, monoterpene, dan seskuiterpen untuk membantu penyembuhan penyakit, salah satunya batuk.

Beberapa cara mengonsumsinya antara lain dengan mengunyahnya secara langsung dua kali sehari, meminum perasan air kencur, atau mencampurnya dengan jahe (ditumbuk dan diperas sarinya) dan ditambah madu agar rasanya lebih manis.

Thymi

Tak hanya digunakan sebagai penyedap pada beberapa menu masakan, thymi juga merupakan rempah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat batuk karena kandungan minyak atsiri di dalamnya. Selain itu, sifatnya yang antibakteri dan antijamur juga sangat baik dipilih untuk meredakan sakit tenggorokan dan sekaligus bahan ramuan herbal batuk kering dan berdahak.

Ramuan herbal batuk kering dan berdahak di atas tentu akan memberikan hasil yang maksimal jika didukung dengan pola hidup sehat dan juga istirahat yang cukup.