Makanan Berkuah dan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Makanan Berkuah dan Pedas Dapat Meredakan Sakit Kepala, Mitos atau Fakta?

Saat keluhan sakit kepala melanda, makanan berkuah hangat dan pedas menjadi menu favorit untuk disantap. Tak hanya terasa nikmat, sebagian orang merasa bahwa makanan tersebut dianggap dapat meredakan rasa nyeri di kepala, terutama akibat flu. Lalu apakah benar makanan pedas dapat meredakan sakit kepala?

Jawabannya, fakta. Menurut Journal of Headache and Pain yang dilansir dari Klikdokter.com, mengonsumsi sup yang pedas dan panas dapat mengurangi rasa nyeri di kepala. Sebab ketika mengonsumsinya saraf lidah akan memberikannya sinyal rasa pedas dalam bentuk rasa sakit dan panas ke otak dan diterima oleh transient receptor potencial (TRP).  Saat rasa sakit kepala menyerang, maka TRP yang aktif akan menekan rasa sakitnya, sehingga ras anyeri di kepala berkurang.

Meski makanan pedas dan panas dapat meredakan sakit kepala, sebaiknya jangan mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Sebab terlalu banyak mengonsumsi makanan pedas juga dapat memberikan efek kurang baik bagi lambung dan usus. Sebagai solusinya, berikut ini beberapa makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk mengurangi keluhan sakit kepala yang mengganggu.

1. Buah jeruk

Tak hanya membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, mengonsumsi buah-buahan juga bisa menjadi solusi dalam meredakan sakit kepala. Contohnya adalah buah jeruk yang memiliki kandungan air yang tinggi, kaya akan vitamin C dan magnesium, serta rasa asam yang segar di dalamnya.

Kandungan inilah yang konon bisa menghidrasi otak dan tubuh, sehingga bisa memberikan rasa nyaman di kepala. Untuk itu, usahakan untuk melengkapi persediaan buah jeruk di rumah, seperti lemon, jeruk nipis, atau jeruk bali.

2. Buah pisang

Sama halnya seperti buah jeruk yang mengandung magnesium untuk meredakan sakit kepala, pisang juga bisa menjadi alternatif lain untuk dikonsumsi saat sakit kepala menyerang. Hal ini karena kandungan magnesium di dalamnya.

Menurut sebuah artikel yang dilansir dari laman online situs Kompas.com, ada penelitian yang mengatakan bahwa magnesium yang terkandung di dalam pisang bisa melindungi tubuh dari serangan sakit kepala dengan cara merelaksasi pembuluh darah.

3. Yogurt

Selain kekurangan cairan tubuh, hal lain yang bisa menyebabkan sakit kepala adalah kurangnya kandungan kalsium dalam tubuh. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi yogurt plain tanpa tambahan gula untuk meringankan sakit kepala sekaligus melancarkan sistem pencernaan berkat kandungan bakteri probiotik di dalamnya. Agar terasa lebih nikmat, Anda bisa mencampurkan kacang almond atau chia seeds saat mengonsumsinya.

4. Teh hijau

Selanjutnya ada teh hijau yang biasa dikonsumsi oleh orang-orang Tiongkok selama ratusan tahun untuk meringankan sakit kepala yang mereka derita. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan di dalamnya yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga rasa hangat yang bisa memberikan ketenangan saat mengonsumsinya.

Selain dengan beberapa rekomendasi makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur dan buka puasa di atas, solusi cepat dan untuk menghilangkan sakit kepala adalah dengan mengonsumsi obat yang bekerja secara efektif menekan pusat sakit di kepala untuk meredakan rasa nyeri dan dapat mengganggu aktivitas harian.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki rutinitas harian yang padat dan pekerjaan yang cukup berat, sebaiknya sediakan selalu obat sakit kepala yang tidak menyebabkan ngantuk dan dapat dikonsumsi kapan saja dan di mana saja. Dengan begini, keluhan sakit kepala dapat segera diatasi, deh!