Lebih Waspada, Ini Dia Penyebab Sakit Kepala Mencengkram Muncul Saat Berolahraga

Lebih Waspada, Ini Dia Penyebab Sakit Kepala Mencengkram Muncul Saat Berolahraga

Olahraga rutin dan sesuai dengan kemampuan tubuh merupakan langkah paling tepat untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Namun, akan lain ceritanya jika kita melakukannya dengan cara yang kurang tepat. Alih-alih membuat otot tubuh semakin kuat dan meningkatkan daya tahan tubuh, cara yang satu ini justru bisa memicu timbulnya sakit kepala mencengkram di bagian belakang. Oleh karena itu, sebaiknya lebih waspada dengan menghindari beberapa penyebabnya berikut ini.

Olahraga yang terlalu berlebihan

Ingin membakar kalori, menurunkan berat badan, dan mencapai berat badan ideal dengan berolahraga tentu menjadi hal yang sangat baik untuk dilakukan. Namun, bukan berarti Anda bisa melakukannya secara berlebihan. Sebab, hal ini hanya bisa membuat otot kepala, kulit kepala, dan leher kekurangan asupan oksigen dan memicu pelebaran pembuluh darah dalam kepala. Jika hal ini dilakukan secara terus-menerus, maka bisa meningkatkan tekanan dalam kepala dan akhirnya menyebabkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

Melewatkan pemanasan

Dilansir dari Hellosehat.com, pemanasan sebelum berolahraga terbukti mampu membantu menyiapkan tubuh, meningkatkan sirkulasi darah dan detak jantung, sekaligus meningkatkan performa saat berolahraga. Sebaliknya, jika Anda melewatkan pemanasan justru bisa membuat tubuh lebih cepat lelah, menurunkan performa, bahkan memicu sakit kepala akibat pasokan oksigen ke otak tidak tercukupi akibat aliran darah yang tidak lancar.

Olahraga saat cuaca panas

Pagi dan sore hari merupakan waktu terbaik yang direkomendasikan untuk berolahraga. Pasalnya, di kedua waktu ini cuaca tidak terlalu panas dan bisa membuat aktivitas fisik menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk dilakukan. Lain halnya jika Anda berolahraga di siang hari atau saat cuaca panas. Dilansir dari Halodoc.com, suhu yang terlalu panas bisa menyebabkan pembuluh darah menyempit dan mengganggu sirkulasi darah dalam tubuh. Tidak hanya membuat tubuh mudah lelah dan kulit terbakar, olahraga saat cuaca panas juga mengakibatkan sakit kepala yang cukup mengganggu.

Kurangnya waktu istirahat sebelum berolahraga

Jika Anda termasuk salah seorang yang menggemari olahraga lari, penting untuk memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur di malam hari. Sebab, kurangnya waktu istirahat dapat menyebabkan munculnya sakit kepala saat berolahraga, menurunkan performa, dan membuat pandangan menjadi kabur bahkan bisa menyebabkan seseorang pingsan di tengah aktivitas. Oleh karena itu, pastikan sudah mencukupi kebutuhan tidur Anda selama enam hingga delapan jam di malam hari agar olahraga bisa lebih maksimal, ya.

Olahraga dengan perut kosong

Banyak orang beranggapan bahwa olahraga dengan kondisi perut kosong dapat membantu membakar lemak menjadi energi, sehingga ampuh menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Namun, ternyata cukup keliru dan sebaiknya tidak dilakukan. Sebab, olahraga dengan perut kosong hanya akan membakar cadangan lemak yang sangat berguna bagi tubuh, sehingga bisa membuat tubuh kekurangan stamina. Tak hanya itu saja, kadar gula juga akan menurun (hipoglikemia) dan bisa memicu sakit kepala, gemetar, dan mual saat berolaharga. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya tetap isi perut setidaknya satu atau dua jam sebelum olahraga dengan beberapa makanan seperti roti, kacang-kacangan, buah, atau telur rebus.

Dari beberapa kemungkinan penyebab sakit kepala saat berolahraga di atas, mana yang paling sering Anda alami? Jika sakit kepala mula terasa, sebaiknya segera hentikan kegiatan berolahraga, cukupi kebutuhan air mineral dan bila keluhannya sangat mengganggu, maka Anda bisa meredakannya dengan minum obat sakit kepala sesuai dosis dan anjuran berlaku.

bodrex obat sakit kepala tak tertahankan