Kualitas Tidur Terganggu Akibat Sakit Kepala Berkepanjangan? Atasi dengan Hal Ini!

Kualitas Tidur Terganggu Akibat Sakit Kepala Berkepanjangan? Atasi dengan Hal Ini!

Tak hanya mengganggu kinerja tubuh dalam melakukan aktivitas harian secara optimal, keluhan sakit kepala berkepanjangan juga dapat memengaruhi kualitas tidur kita. Sebab rasa nyeri di kepala membuat kita lebih sering terbangun di malam hari, sehingga kenyamanan tidur juga menjadi terganggu. Padahal, bagi orang dewasa seperti kita, memiliki kualitas tidur yang baik (bisa tidur nyenyak selama tujuh jam setiap malam) merupakan salah satu kemewahan dalam hidup. Untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya, simak penjelasannya berikut ini.

                                          

Penyebab sakit kepala berkepanjangan

Keluhan sakit kepala adalah hal yang wajar terjadi. Pemicunya adalah lemahnya daya tahan tubuh akibat kebiasaan yang tidak kita sadari. Nah, sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki kualitas tidur yang terganggu akibat sakit kepala berkepanjangan, simak dulu beberapa penyebab munculnya rasa nyeri di kepala yang terjadi dalam waktu yang cukup lama berikut ini.

1. Melewatkan waktu makan

Sebagai seorang pekerja, menyelesaikan pekerjaan kantor tentu akan sangat menyita waktu dan tenaga. Bahkan saking sibuknya dalam bekerja sampai membuat kita seringkali melewatkan waktu makan. Meski awalnya dianggap sebagai hal sepele, namun tahukah Anda bahwa jika kebiasaan ini dilakukan secara berulang, maka bisa memicu timbulnya sakit kepala tiba-tiba yang cukup mencengkeram, lho. 

2. Kebiasaan begadang

Penyebab sakit kepala berkepanjangan yang selanjutnya adalah kebiasaan menatap layar komputer atau handphone dalam waktu yang lama, terutama untuk bermain game hingga begadang. Bagi sebagian orang menganggap bahwa hal ini adalah aktivitas yang menyenangkan, namun juga bisa menimbulkan nyeri di kepala akibat aliran darah yang tidak lancar dan membuat otot mata tegang.

3. Tidur terlalu lama

Ternyata tidur terlalu lama saat libur akhir pekan juga bisa menimbulkan sakit kepala. Pada akhir pekan, orang cenderung bangun lebih siang atau tidur lebih malam, Alexander Mauskop, MD, pendiri dan direktur New York Headache Center berpendapat perubahan rutinitas tersebut justru bisa jadi pemicu sakit kepala. Jadi usahakan Anda tetap bangun dan tidur di jam yang sama (atau paling tidak berdekatan) dengan waktu normal Anda.

4. Stress berlebihan

Stres yang dialami oleh seseorang bisa dipicu oleh berbagai faktor, dan umumnya adalah beban pekerjaan dan masalah dalam kehidupannya. Dilansir dari Hellosehat.com, saat stress melanda, otak akan melepaskan senyawa tertentu untuk memerangi situasi yang dikenal dengan respon “flight to fight”. Pelepasan senyawa kimia inilah yang menyebabkan pembuluh darah di otak menegang dan memicu sakit kepala.

Sakit kepala ini biasanya ditandai dengan rasa sakit dalam intensitas ringan hingga sedang di bagian depan, atas, atau sisi kepala. Umumnya, keluhannya muncul di sore atau malam hari, sehingga membuat si penderita kesulitan beristirahat di malam hari.

Cara mengatasi sakit kepala berkepanjangan

Dari beberapa penyebab sakit kepala berkepanjangan di atas, mana yang mungkin seringkali kamu lakukan? Well, untuk mengatasi keluhan sakit kepala ini, berikut ini beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan segera.

  1. Melakukan relaksasi, yaitu seperti berolahraga dengan yoga, dan juga memberikan pijatan di area sekitar mata, pelipis, titik antara ibu jari dan telunjuk, serta bagian jempol kaki.
  2. Mengompres dahi dan leher menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat. Tujuannya adalah untuk meregangkan otot yang tegang dan juga melancarkan aliran darah agar suplai oksigen ke otak terpenuhi.
  3. Mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, seperti buah dan sayuran. Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan berminyak, atau camilan manis yang bisa menurunkan daya tahan tubuh dan bisa menghambat proses penyembuhan sakit kepala Anda.
  4. Memberikan obat yang dapat meredakan sakit kepala dengan cepat.

Seperti yang kita tahu, rasa nyeri di kepala yang cukup mengganggu tentu akan membuat tidur menjadi tidak nyenyak dan membuat proses penyembuhannya berjalan lebih lama. Melansir dari Centers for Disease Control and Prevention, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur yang terganggu akibat sakit kepala berkepanjangan.

  1. Mandi dengan air hangat untuk membuat tubuh dan kepala terasa lebih rileks.
  2. Tidur di waktu yang sama setiap malam dan bangunlah pada waktu yang sama setiap pagi, termasuk di akhir pekan.
  3. Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, santai, dan bersuhu nyaman.
  4. Hindari penggunaan perangkat elektronik, seperti TV, komputer, dan handphone 30 menit sebelum waktunya tidur.
  5. Hindari makan makanan berat serta minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebelum tidur.
  6. Melakukan aktivitas fisik untuk membantu Anda tertidur lebih mudah di malam hari. Mengingat bahwa Anda sedang mengalami sakit kepala, maka beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan antara lain yoga, pilates, dan kardio ringan seperti bersepeda maupun berenang.