Kondisi Indra Manusia Ternyata Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Kondisi Indra Manusia Ternyata Bisa Sebabkan Sakit Kepala

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala tanpa penyebab yang jelas? Misalnya saat berangkat dari rumah, Anda dalam kondisi bugar, namun setelah naik kendaraan kepala mendadak sakit. Atau ketika berpapasan dengan orang tertentu, tiba-tiba sakit kepala muncul. Rasanya sangat mengganggu. Apalagi Anda tak tahu apa penyebabnya. Jika Anda pernah mengalaminya, bisa jadi sakit kepala tersebut muncul karena panca indra Anda terstimulasi oleh penyebab tertentu. Seperti contoh di bawah Ini.

Penglihatan
Indra penglihatan adalah sumber sakit kepala yang cukup lazim. Tidak hanya bagi orang yang memiliki gangguang penglihatan seperti mata minus, plus, atau silindris  saja, tetapi juga kondisi mata normal yang terlalu diforsir. Contoh yang sering terjadi adalah ketika Anda berada di perjalanan, lalu Anda menonton video, memainkan ponsel, atau membaca. Lambat laun, Anda merasakan sakit kepala yang mengganggu. Bahkan hingga menyebabkan mual. Tidak hanya di perjalanan, saat berada di rumah atau kantor, terlalu sering melihat layar TV dan komputer juga dapat menyebabkan kepala Anda terasa berat. Itu adalah salah satu bukti bahwa mata yang distimulasi secara berlebihan bisa memicu sakit kepala.

Penciuman
Percaya atau tidak, sakit kepala bisa timbul karena rangsangan pada indra penciuman. Jika Anda mual karena bau sampah, bau badan yang kurang sedap, dan bau yang tidak menyenangkan lainnya, itu wajar saja. Namun ternyata bau-bauan yang dianggap ‘enak’ atau banyak disukai orang pun ternyata bisa jadi pemicu sakit kepala. Sebut saja aroma parfum. Meskipun jenis parfum tertentu disukai teman Anda, bisa saja Anda justru sakit kepala ketika menghirup aromanya. Begitupula dengan jenis makanan yang dianggap memiliki bau khas seperti durian, petai, atau daging kambing. Di saat banyak orang menggemari makanan tersebut, sebagian orang lainnya justru akan langsung merasa pusing setelah mencium aromanya.

Pendengaran
Mendengarkan suara yang terlalu bising atau memekakan telinga, jelas bisa menyebabkan sakit kepala. Selain itu, dalam kondisi tubuh dan otak yang lelah, mendengar suara ribut juga dapat meningkatkan tingkat stres yang mengakibatkan timbulnya sakit kepala. Pada dasarnya setiap indra memang memiliki koneksi pada otak dan syaraf-syaraf di kepala. Maka jangan heran, stimulus yang membuat indra Anda stres bisa berakibat sakit kepala. Jika sampai terjadi, segera redakan dengan obat sakit kepala . Setelahnya, tenangkan diri Anda sejenak dan beri jarak indra Anda dengan stimulan yang berlebihan. Dengan begitu sakit kepala Anda akan segera pulih!