Peningkatan penggunaan transaksi elektronik sebaga cara pembayaran semakin meningkat setiap tahunnya. Meskipun belum optimal, namun edukasi dan sosialisasi tentang transaksi elektronik di kalangan masyarakat semakin baik. Pemerintah juga telah berupaya ‘mengelektroniksasi’ berbagai bentuk pembayaran seperti karcis tol dan tiket kendaraan umum. Meningkatnya e-commerce juga menjadi alasan yang menyebabkan transaksi elektronik kian populer. Ternyata menggunakan transaksi elektronik memang memiliki sejumlah keuntungan bagi konsumen. Apa sajakah itu?

1.Praktis dan efisien

Transaksi elektronik dalam bentuk e-cash (uang elektronik) terbukti lebih praktis dan efisien. Misalnya saat membayar karcis parkir atau tol, Anda hanya tinggal tap kartu di mesin yang tersedia. Tidak perlu repot menghitung uang kembalian sehingga otomatis Anda juga lebih menghemat waktu.

2.Promo menguntungkan

Berbagai bank atau provider penyedia layanan e-cash, kerap memberikan berbagai promo yang menarik. Umumnya promo yang diberikan adalah berbentuk diskon atau produk gratis dengan nilai minimum belanja tertentu. Tidak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan bisa mencapai setengah harga.

3.Transaksi Aman

Jika digunakan dengan bijak dan hati-hati, sebenarnya transaksi elektronik terbilang lebih aman. Sebab uang yang Anda bayarkan akan diterima oleh pihak yang memang berhak menerimanya dan jumlahnya pun tepat. Sedangkan pembayaran menggunakan cash untuk berbagai transaksi justru memungkinkan terjadinya penyelewangan uang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4.Tidak terikat waktu

Gemar belanja online? Atau Anda orang yang super sibuk? Tidak perlu bingung lagi, kebanyakan platform belanja online mengutamakan transaksi secara elektronik. Hal ini berarti Anda bisa belanja dan melakukan pembayaran kapan saja 24/7 tanpa terikat waktu.

5.Aliran uang termonitor

Jika Anda termasuk orang yang hobi berbelanja, transaksi elektronik sebenarnya memudahkan Anda mengontrol pengeluaran. Sebab, cash flow yang dilakukan dengan transaksi elektronik semuanya bisa dimonitor melalui sistem. Anda jadi tahu pengeluaran pasti Anda setiap bulannya dan bisa memgaturnya dengan lebih baik.

ARTIKELTERKAIT

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman
25-June-2020

Tips Mengatasi Sakit Kepala Tegang Mencengkeram Agar Aktivitas Menjadi Kembali Nyaman

Mengatasi sakit kepala tegang mencengkeram adalah hal penting yang harus diketahui oleh semua orang, terutama bagi mereka yang memiliki aktivitas .... read more
Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?
18-June-2020

Sakit Kepala Sebelah Kiri Saat Bangun Tidur, Apa Penyebabnya?

Penyebabnya pun bisa berasal dari beberapa faktor, mulai dari kebiasaan sehari-hari hingga kondisi medis yang lebih serius. Kira-kira apa saja, .... read more
Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?
30-June-2020

Penyebab Migrain Berkepanjangan, Berbahayakah?

Untuk keluhan migrain yang sudah parah biasanya juga disertai gejala lain, seperti mual, muntah, sensitif terhadap cahaya serta dan suara, .... read more