Keuntungan Menggunakan Transaksi Elektronik

Keuntungan Menggunakan Transaksi Elektronik

Peningkatan penggunaan transaksi elektronik sebaga cara pembayaran semakin meningkat setiap tahunnya. Meskipun belum optimal, namun edukasi dan sosialisasi tentang transaksi elektronik di kalangan masyarakat semakin baik. Pemerintah juga telah berupaya ‘mengelektroniksasi’ berbagai bentuk pembayaran seperti karcis tol dan tiket kendaraan umum. Meningkatnya e-commerce juga menjadi alasan yang menyebabkan transaksi elektronik kian populer. Ternyata menggunakan transaksi elektronik memang memiliki sejumlah keuntungan bagi konsumen. Apa sajakah itu?

1.Praktis dan efisien

Transaksi elektronik dalam bentuk e-cash (uang elektronik) terbukti lebih praktis dan efisien. Misalnya saat membayar karcis parkir atau tol, Anda hanya tinggal tap kartu di mesin yang tersedia. Tidak perlu repot menghitung uang kembalian sehingga otomatis Anda juga lebih menghemat waktu.

2.Promo menguntungkan

Berbagai bank atau provider penyedia layanan e-cash, kerap memberikan berbagai promo yang menarik. Umumnya promo yang diberikan adalah berbentuk diskon atau produk gratis dengan nilai minimum belanja tertentu. Tidak tanggung-tanggung, diskon yang diberikan bisa mencapai setengah harga.

3.Transaksi Aman

Jika digunakan dengan bijak dan hati-hati, sebenarnya transaksi elektronik terbilang lebih aman. Sebab uang yang Anda bayarkan akan diterima oleh pihak yang memang berhak menerimanya dan jumlahnya pun tepat. Sedangkan pembayaran menggunakan cash untuk berbagai transaksi justru memungkinkan terjadinya penyelewangan uang oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4.Tidak terikat waktu

Gemar belanja online? Atau Anda orang yang super sibuk? Tidak perlu bingung lagi, kebanyakan platform belanja online mengutamakan transaksi secara elektronik. Hal ini berarti Anda bisa belanja dan melakukan pembayaran kapan saja 24/7 tanpa terikat waktu.

5.Aliran uang termonitor

Jika Anda termasuk orang yang hobi berbelanja, transaksi elektronik sebenarnya memudahkan Anda mengontrol pengeluaran. Sebab, cash flow yang dilakukan dengan transaksi elektronik semuanya bisa dimonitor melalui sistem. Anda jadi tahu pengeluaran pasti Anda setiap bulannya dan bisa memgaturnya dengan lebih baik.