Kepala Pusing Saat WFH? Coba Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Berikut Ini

Kepala Pusing Saat WFH? Coba Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami Berikut Ini

Rasa bosan dan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan dalam waktu yang bersamaan menjadi salah satu faktor terbesar seseorang sering merasa sakit kepala saat bekerja dari rumah (WFH) selama pandemi. Jika sudah begini, tentu aktivitas akan terganggu dan pekerjaan pun banyak yang tertunda, bukan? Tak perlu bingung, coba atasi dengan beberapa cara mengobati sakit kepala secara alami berikut ini, ya!

Mengurangi Aktivitas di Depan Layar Komputer

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika sakit kepala melanda saat bekerja di rumah adalah dengan menghentikan aktivitas di depan layar untuk beberapa saat. Manfaatkan waktu untuk menghirup udara segar agar sirkulasi oksigen ke otak berjalan dengan lancar. Sakit kepala ini mungkin saja terjadi akibat otot di bagian leher dan kepala terlalu tegang karena menatap layar dalam waktu yang cukup lama. Buat otot kembali rileks dengan cara memijit bagian pelipis, pundak, dan leher secara perlahan. Setelah itu, atur pencahayaan layar agar tidak membuat otot mata bekerja secara berlebihan, sehingga tidak membuat sakit kepala menjadi lebih parah.

Melakukan Gerakan Peregangan

Cara menyembuhkan sakit kepala selanjutnya adalah dengan melakukan gerakan peregangan yang untuk membantu melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak dan tubuh bagian atas. Berikut ini beberapa gerakan yang bisa Anda lakukan di rumah.

  • Duduk di lantai dengan meluruskan kedua kaki ke depan. Setelah itu mendorong tubuh ke depan secara perlahan dan usahakan agar jari tangan menyentuh jari kaki dengan posisi lutut tetap lurus tidak menekuk (posisi mencium lutut). Tujuan dari posisi ini adalah untuk membantu melancarkan aliran darah ke jantung agar dapat memompa oksigen ke otak dan tubuh bagian atas dengan baik.
  • Duduk bersimpuh dengan menekuk kedua kaki, kemudian menekuk tubuh (posisi membungkuk dengan kening menempel lantai atau matras) dengan kedua tangan lurus ke depan sejauh mungkin, posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Posisi ini bertujuan untuk membalikkan gaya gravitasi ke arah atas, sehingga mendorong oksigen lebih banyak ke bagian leher, bahu, dan punggung untuk membantu mengatasi sakit kepala selama WFH.
  • Berbaring di lantai dan menaikkan kedua kaki ke dinding. Tujuannya adalah untuk melancarkan aliran darah ke otak, sehingga asupan oksigen ke kepala menjadi lancar dan bisa meredakan sakit kepala.
  • Posisi berbaring dengan memeluk kedua kaki yang ditekuk sampai dada dan menahannya selama 30 hingga 60 detik untuk meregangkan otot punggung dan melancarkan peredaran darah ke otak.

Aktivitas fisik lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan gerakan peregangan di sela pekerjaan, mempraktikkan gerakan yang bisa Anda tonton di internet, atau dengan olahraga angkat beban di rumah menggunakan peralatan olahraga seadanya (dumbble atau botol air minum kemasan 1,5 liter yang diisi air sebagai penggantinya). Pastikan juga posisi duduk Anda sudah  tepat (tidak membungkuk atau terlalu tegak), untuk menjaga postur tulang belakang agar tetap berada pada kelengkungan yang baik.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Memilih Meja dan Kursi yang Tepat

Tanpa Anda sadari, meja dan kursi kerja ternyata memiliki pengaruh cukup besar terhadap kesehatan persendian tubuh dan juga kenyamanan saat bekerja. Cobalah untuk memilih kursi kerja yang ketinggiannya bisa disesuaikan dengan tinggi meja dan juga memiliki sandaran yang tidak terlalu keras. Tujuannya adalah untuk mendukung posisi duduk agar tidak membungkuk, bisa menopang tulang belakang agar posturnya tetap terjaga selama bekerja di depan layar komputer, dan tidak membuat otot leher menjadi tegang.

Mengatur Suhu Ruangan 

Cara mengobati sakit kepala secara alami selanjutnya adalah dengan mengatur suhu ruangan, terutama ruang kerja agar tidak terlalu dingin. Terpapar AC dalam waktu yang lama juga bisa menjadi penyebab seseorang merasa sakit kepala. Sebagai pilihan lainnya, Anda juga bisa mematikan AC di ruangan dan memilih untuk membuka jendela agar sirkulasi udaranya berjalan dengan baik.

Istirahat Cukup

Bekerja dari rumah tak lantas membuat Anda harus menyelesaikan semua pekerjaan dalam satu waktu. Solusinya adalah dengan menyamakan jam kerja di rumah sama halnya dengan jam kerja saat Anda harus bekerja di kantor. Hal ini bisa membantu Anda mendapatkan waktu istirahat yang cukup, menjaga daya tahan tubuh, dan menjaga agar Anda tetap dapat berkonsentrasi penuh keesokan harinya.

Minum Obat Herbal untuk Sakit Kepala

Sebagai pengganti Paracetamol, cara mengobati sakit kepala secara alami lainnya adalah dengan minum obat herbal seperti, bodrex Herbal Sakit KepalaKandungan bahan alami seperti Fevervew (anti inflamasi), Willow Bark (analgesik dan antioksidan), dan Guarana (pereda nyeri) di dalamnya diproses menggunakan teknologi modern dan dikemas secara praktis untuk atasi pusing sakit kepala secara alami.

Tak perlu khawatir, karena bodrex Herbal Sakit Kepala sudah teruji klinis dan khasiatnya juga didukung dengan bahan baku yang sudah terstandardisasi dan juga cara produksi yang sudah memenuhi persyaratan Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB), lho!