Kenali Jenis Parfum yang Bisa Membuatmu Pusing

Kenali Jenis Parfum yang Bisa Membuatmu Pusing

Sebelum membeli parfum, pastikan Anda sudah mencium testernya. Penderita migrain punya pemicu-pemicu yang sifatnya unik dan individual, termasuk juga dari wewangian.. Setiap parfum terdiri dari kombinasi bahan kimia yang berpotensi memicu migrain, termasuk parfum yang harganya jutaan rupiah sekalipun! Jika ingin menghadiahkan parfum, sebaiknya lebih waspada pada aroma-aroma pemicu migrain berikut ini :

Musk
Musk (jenis ambrette dan musk sintetis) adalah salah satu penyusun parfum yang sifatnya neurotoksik alias dapat meracuni sistem syaraf. Walaupun begitu sampai sekarang musk masih banyak dipakai dalam industri parfum, sehingga kita sebagai konsumen yang harus lebih berhati-hati dalam memilih. Dianjurkan jangan lakukan kontak langsung antara wewangian musk dengan kulit kita.

Sandalwood / kayu cendana
Aroma yang sering sekali muncul di tipe parfum pria ini cenderung memberi kesan maskulin, hangat dan seksi. Aroma ini diekstrak dari minyak pohon cendana yang memang wangi secara alamiah dan biasa dipakai dalam ritual budaya nenek moyang kita. Minyak kayu cendana biasanya sangat mahal karena saat ini pohon cendana sudah sangat langka. Oleh karena itu dalam industri parfum, aroma cendana biasa didapatkan dari proses sintetis kimiawi. Zat kimia buatan inilah yang seringnya tidak cocok bagi sel syaraf kita, dan ujung-ujungnya berpotensi memicu migrain.

Cinnamon / kayu manis (Tipe Cassia & Ceylon)
Kayu manis terdiri dari dua jenis, yaitu jenis Cassia dan Ceylon. Aroma dan rasa keduanya memang serupa, tapi komponen penyusunnya tak sama : Cassia cinnamon memiliki kadar Coumarin sebesar 5%, ini jauh lebih tinggi dari Ceylon. Komponen yang disebut coumarin ini beracun jika masuk ke tubuh manusia melebihi batas 0.07 mg per kilogram berat badan per hari. Walaupun jumlahnya sangat-sangat sedikit, coumarin bisa jadi ancaman serius bagi organ hati kita. Jika Anda membutuhkan aroma kayu manis untuk relaksasi, ada baiknya Anda memilih kayu manis dari jenis Ceylon.

Lain kali Anda terkena migrain akibat wewangian, segera pakai masker dan hindari pemicunya. Jika yang memakai parfum adalah orang yang Anda kenal dan harus berada di sekitar Anda terus menerus, ada baiknya Anda komunikasikan dengan baik-baik agar aktivitasmu tidak terganggu, ya.