Kenali Jenis Batuk yang Menyerang

Kenali Jenis Batuk yang Menyerang

Batuk adalah reaksi spontan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir atau gangguan iritasi tertentu seperti debu atau asap. Tetapi batuk bisa juga muncul karena alergi, flu, radang, atau penyebab lainnya. Agar tidak salah mengobati, yuk kenali jenis batuk yang diderita. Secara general ada dua jenis batuk yang memerlukan penanganan berbeda. Yakni batuk berdahak dan batuk kering. Apa saja bedanya?

1. Batuk berdahak
Batuk ini disertai lendir atau dahak. Bisa dari hidung dan sinus atau kerongkongan bahkan paru-paru. Ada beberapa penyebab terjadinya batuk berdahak mulai karena pilek, asap rokok, infeksi yang menyerang paru-paru.

2. Batuk kering
Pada akhir gejala flu, adalah hal yang lumrah jika kita mengalami batuk kering. Gejalanya dimulai dengan rasa gatal di tenggorokan, tenggorokan terasa kering dan serak. Tapi batuk jenis ini juga dapat terjadi karena alergi.

Biasanya karena alasan praktis, banyak orang yang memilih obat batuk yang mengklaim ampuh menyembuhkan segala jenis batuk. Padahal para ahli menganjurkan sebaiknya mengobati batuk khusus dengan obat peruntukkannya. Mengapa? Karena untuk setiap keluhan dibutuhkan penanganan yang berbeda. Misalnya untuk batuk berdahak pilih obat yang mengandung ekspektoran karena dapat membantu mencairkan dahak, mengencerkan lendir, hingga mengeluarkan dahak.

Sementara untuk batuk kering pilih yang mengandung antitusif karena dapat menekan pusat batuk sehingga rangsangan batuk pun terhambat. Jangan lupa untuk membantu penyembuhan perbanyak minum air putih dan hindari situasi yang dapat memicu batuk seperti debu dan  asap rokok.

Batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun segera konsultasi ke dokter jika batuk Anda menyebabkan sulit bernapas, disertai darah, tidak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu. Sementara untuk penderita asma sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat batuk, karena ditakutkan zat tertentu dapat menimbulkan sesak napas, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Foto: Shutterstock