Batuk adalah reaksi spontan tubuh untuk membersihkan saluran pernapasan dari lendir atau gangguan iritasi tertentu seperti debu atau asap. Tetapi batuk bisa juga muncul karena alergi, flu, radang, atau penyebab lainnya. Agar tidak salah mengobati, yuk kenali jenis batuk yang diderita. Secara general ada dua jenis batuk yang memerlukan penanganan berbeda. Yakni batuk berdahak dan batuk kering. Apa saja bedanya?

1. Batuk berdahak
Batuk ini disertai lendir atau dahak. Bisa dari hidung dan sinus atau kerongkongan bahkan paru-paru. Ada beberapa penyebab terjadinya batuk berdahak mulai karena pilek, asap rokok, infeksi yang menyerang paru-paru.

2. Batuk kering
Pada akhir gejala flu, adalah hal yang lumrah jika kita mengalami batuk kering. Gejalanya dimulai dengan rasa gatal di tenggorokan, tenggorokan terasa kering dan serak. Tapi batuk jenis ini juga dapat terjadi karena alergi.

Biasanya karena alasan praktis, banyak orang yang memilih obat batuk yang mengklaim ampuh menyembuhkan segala jenis batuk. Padahal para ahli menganjurkan sebaiknya mengobati batuk khusus dengan obat peruntukkannya. Mengapa? Karena untuk setiap keluhan dibutuhkan penanganan yang berbeda. Misalnya untuk batuk berdahak pilih obat yang mengandung ekspektoran karena dapat membantu mencairkan dahak, mengencerkan lendir, hingga mengeluarkan dahak.

Sementara untuk batuk kering pilih yang mengandung antitusif karena dapat menekan pusat batuk sehingga rangsangan batuk pun terhambat. Jangan lupa untuk membantu penyembuhan perbanyak minum air putih dan hindari situasi yang dapat memicu batuk seperti debu dan  asap rokok.

Batuk sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya. Namun segera konsultasi ke dokter jika batuk Anda menyebabkan sulit bernapas, disertai darah, tidak kunjung sembuh selama lebih dari dua minggu. Sementara untuk penderita asma sebaiknya tidak sembarangan mengonsumsi obat batuk, karena ditakutkan zat tertentu dapat menimbulkan sesak napas, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

 

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala
26-October-2019

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala

faktanya ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bahkan memperburuk sakit kepala Anda. Itu sebabnya Anda perlu menghindari atau membatasi .... read more
Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini
25-October-2019

Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini

Berikut ini adalah rekomendasi menu sarapan yang sehat sekaligus aman dikonsumsi oleh para penderita sakit kepala. Apa saja ya? .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda
24-October-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda

tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan .... read more