Jika Anda Sakit Kepala, Hindari Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa, Ya!

Jika Anda Sakit Kepala, Hindari Makanan Ini Saat Sahur dan Berbuka Puasa, Ya!

Meski termasuk sebagai penyakit yang ringan dan wajar terjadi, namun sakit kepala jika tidak ditangani dengan baik tentu bisa mengganggu aktivitas dan memicu gangguan kesehatan lainnya. Selain dengan istirahat cukup dan minum obat yang mengandung Paracetamol, pastikan juga untuk menghindari beberapa hidangan berikut ini saat sahur dan buka puasa agar sakit kepala cepat mereda.

1. Gorengan

Meski memiliki rasa yang enak, gurih, dan teksturnya yang renyah, namun ternyata mengonsumsi gorengan sebagai hidangan sahur maupun berbuka puasa merupakan cara yang tidak sehat. Hal ini dikarenakan gorengan mengandung banyak minyak di dalamnya, sehingga menyebabkan perut cepat merasa kenyang. Namun sayang, gorengan juga termasuk makanan yang sulit dicerna. Hal ini tentunya tidak baik, karena kondisi perut sudah kosong dalam waktu yang lama dan membutuhkan nutrisi yang baik untuk menggantinya.

2. Minuman bersoda

Selanjutnya, hindari juga konsumsi minuman bersoda sebagai minuman saat sahur dan berbuka puasa. Pasalnya, minuman berkarbonasi bisa memicu meningkatnya asam lambung, apalagi jika Anda mengonsumsinya sebelum perut terisi makanan dari seharian berpuasa. Alih-alih minum soda, sebaiknya minum satu gelas air putih atau teh hangat saat sahur dan berbuka puasa, ya.

3. Makanan dan minuman tinggi gula

Berbuka puasa dengan makanan dan minuman manis memang dianjurkan, sebab kandungan gula bisa berubah menjadi energi dalam waktu yang cukup cepat. Namun, jika kandungan gula dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi terlalu tinggi (cokelat, martabak, atau makanan manis lainnya), hal ini bisa meningkatkan kadar gula darah yang bisa memengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu, makanan manis juga bisa memengaruhi daya tahan tubuh, sehingga bisa menghambat proses penyembuhan sakit kepala yang Anda alami. Sebagai solusinya, Anda bisa mengonsumsi buah kurma, teh manis, atau kolak dalam porsi kecil untuk memenuhi kebutuhan gula bagi tubuh.

4. Makanan dan minuman asam

Selain makanan manis, hindari juga makanan dan minuman asam untuk sahur dan berbuka puasa, apalagi saat Anda mengalami sakit kepala. Jenis hidangan yang satu ini hanya akan memicu gangguan kesehatan lainnya, seperti maag atau asam lambung yang bisa mengganggu aktivitas puasa dan produktivitas Anda sehari-hari.

Namun, jika Anda mengalami sakit kepala saat berpuasa segera minum obat yang mengandung Paracetamol dan dapat diminum sebelum makan-makanan berat ya sebagai pertolongan, kemudian Anda dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan bukaan atau menu sahur yang sehat lalu beristirahat dengan cukup.