Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Flu dan Batuk Tidak Berdahak Selama Pandemi

Jangan Panik, Lakukan Ini Saat Flu dan Batuk Tidak Berdahak Selama Pandemi

Flu dan batuk yang dialami saat pandemi memang perlu diwaspadai. Sebab sebelum dipastikan melalui tes PCR, sangat sulit membedakan flu dan batuk biasa dengan gejala COVID-19. Apalagi, batuk tidak berdahak disebut sebagai gejala yang umum terjadi pada penderita COVID-19 varian Omicron. Meski demikian, Anda tidak perlu panik. Lakukan saja 7 hal berikut saat mengalami flu dan batuk tidak berdahak selama pandemi.

1. Minum hangat

Saat batuk, lebih baik minum air hangat untuk menenangkan batuk Anda. Minuman dingin hanya akan membuat radang tenggorokan Anda semakin parah. Selain air putih, Anda juga bisa mencampurkan dua sendok makan madu dengan dua sendok sari lemon yang sudah dilarutkan dengan 150ml air hangat. Perpaduan bahan alami tersebut disinyalir dapat meredakan rasa gatal dan nyeri pada tenggorokan.

2. Menghangatkan tubuh

Hangatkan tubuh Anda dengan balsam yang dioleskan pada bagian dada dan punggung Anda. Rasa hangat akan membuat Anda lebih nyaman. Jika tidak menyukai bau balsam yang menyengat, Anda bisa menggantinya dengan menempelkan bantal listrik pada bagian dada dan punggung.
 

3. Atur posisi tidur 

Sebelum tidur atau berbaring, atur posisi bantal sedikit lebih tinggi dari biasanya. Hal ini bisa membantu Anda bernapas lebih mudah dan meringankan gejala hidung tersumbat.

4. Hindari debu dan polusi 

Meskipun batuk yang Anda derita muncul berbarengan dengan flu, tetapi paparan debu dan polusi udara seperti asap kendaraan atau rokok bisa memicu batuk menjadi lebih parah. Jadi gunakan masker sebelum menuju tempat yang berdebu dan banyak polusi untuk mencegah frekuensi batuk dan bersin bertambah.

5. Berkumur

Kondisi mulut yang sehat dan bersih akan membuat batuk Anda lebih cepat sembuh. Pasalnya, mulut yang kotor akan dipenuhi kuman dan bakteri. Hal tersebut akan memperburuk kondisi tenggorokan Anda. Sebaiknya, berkumurlah dengan mouthwash yang mampu mengurangi kuman dalam mulut atau Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan larutan air garam.

6. Makanan yang Kaya akan Probiotik

Dilansir dari halodoc, sistem imunitas tubuh yang tidak berfungsi optimal bisa menjadi salah satu penyebab batuk kering. Nah, agar hal ini tidak terjadi, kamu bisa mengubah menu makanan dan mengonsumsi makanan yang kaya akan probiotik. Kandungan ini diduga bisa membantu mengurangi infeksi saluran pernapasan karena mikroorganisme yang berada di dalamnya dapat menjaga keseimbangan imunitas tubuh.

7. Minum obat pereda Flu & Batuk  

Meskipun sudah melakukan langkah-langkah untuk meredakan batuk, Anda tetap perlu minum obat untuk menyembuhkan batuk dengan lebih maksimal. Pilihlah obat batuk yang sesuai dengan keluhan dan jangan lupa konsultasikan pada ahlinya terlebih dahulu.