Di tahun yang baru ini, banyak inovasi baru yang menandakan bahwa kita makin dekat dengan era smart home. Simpelnya, ini berarti akan makin banyak perangkat elektronik yang bisa terhubung dalam jaringan internet. Nggak cuma perangkat biasa seperti ponsel, tablet, TV, dan lain-lain. Kini lampu, kulkas, sampai pintu pun bisa kamu kendalikan dari jarak jauh lewat koneksi internet. Dalam jangka panjang, smart home ini bisa bikin rumah Anda lebih aman serta hemat energi lho. Penasaran apa saja inovasi terbarunya?

1. Kamera pengawas canggih
Kamera pengawas memang tak mencegah aksi kriminalitas, tapi hasil pantauannya bisa menjamin pelakunya teridentifikasi dengan lebih baik. Apalagi kalau kameranya seperti  TP-Link Cloud Camera NC450. Kamera nirkabel serba praktis ini nggak cuma memantau dengan pasif, tapi juga bisa mengirim surel peringatan pada Anda kalau muncul suara serta gerakan aneh dalam area pantauannya. TP-Link NC450 ini bisa berputar 360 derajat untuk mengawasi rumah atau tempat usaha Anda selama 24 jam, serta tetap berfungsi baik di malam hari dengan fitur LED dan inframerah otomatis. Videonya jernih, dengan kamera resolusi HD 720p yang memungkinkan zoom hingga 10 kali. Bahkan kamu juga bisa memfungsikannya seperti webcam karena memiliki microphone serta speaker. Nama Cloud Camera sendiri diambil dari fungsi cloud service di mana hasil rekamannya bisa langsung diakses melalui internet, walaupun bisa juga disimpan dalam SD Card. Manfaatnya komplit, bukan?

2. Speaker portable sekaligus asisten pribadi
Kalau Anda terkesan dengan speaker nirkabel yang bisa terkoneksi dengan gawai Anda via Bluetooth, Anda harus coba Amazon Echo Dot 2nd Generation. Speaker yang baru rilis Oktober 2016 ini merupakan salah satu produk yang tercanggih dari Amazon. Nggak hanya bisa menghasilkan suara jernih dan hentakan bass yang powerful, tetapi juga bisa berfungsi sebagai smart home assistant yang mengaktifkan kontrol suara untuk mengendalikan segala perabotan smart home Anda. Alhasil Anda bisa menyuruhnya macam-macam, termasuk membangunkan Anda setelah power nap. Anda bahkan bisa mengajaknya bicara dengan memanggil AI-nya yang bernama Alexa.  Wah, mirip Jarvis-nya Iron Man nih!

3. Pengingat untuk isi ulang bahan-bahan dapur
Jangan biarkan Anda kehabisan bumbu dapur atau bahan makanan lagi saat hendak memasak. Dengan Smarter Mats, Anda tak akan lupa lagi untuk mengisi ulang kulkas dan bahan makanan. Soalnya alat berbentuk pipih ini bisa menimbang wadah bumbu Anda dan memberi notifikasi pada gawai Anda jika isi wadah tersebut sudah hampir habis. Selain wadah bumbu, Anda bisa juga meletakkan wadah kecil lainnya seperti susu karton, botol saus, minyak goreng, dan sebagainya di atas ‘karpet pintar’ ini. Kerennya lagi, Smarter Mats bisa dibawa masuk ke kulkas juga lho!

4. Bel pintu dengan face recognition
Bayangkan bel pintu Anda bisa mendeteksi wajah orang asing dan menampilkan gambarnya di gawai Anda, pasti rumah Anda bisa jadi lebih aman. Walaupun Anda meninggalkan anak di rumah pun, Anda pun tidak perlu takut anak Anda tiba-tiba membuka pintu untuk orang tak dikenal. Fungsi bel pintu pintar semacam ini bisa Anda dapatkan pada hi) Smart Doorbell keluaran perusahaan start-up Perancis bernama Fenotek.

ARTIKELTERKAIT

Ini yang Perlu Anda Siapkan Agar Bebas Pusing Sakit Kepala di Tahun Baru
27-December-2019

Ini yang Perlu Anda Siapkan Agar Bebas Pusing Sakit Kepala di Tahun Baru

Ahlinya Sakit Kepala! Kuncinya, pilih jenis bodrex yang sesuai dengan tipe sakit kepala Anda agar dapat diobati secara efektif. Mari .... read more
4 Ciri Batuk Anda Perlu Diperiksakan ke Dokter
27-December-2019

4 Ciri Batuk Anda Perlu Diperiksakan ke Dokter

saluran pernapasan bagian atas. Namun jika Anda mengalami 5 ciri batuk berikut ini, maka mungkin sudah saatnya batuk tersebut diperiksakan .... read more
5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala
20-December-2019

5 Aroma ini Dapat Membantu Menghilangkan Sakit Kepala

Dilansir dari Medical News Today sejumlah penelitian menunjukkan beberapa jenis essential oil mungkin memang memiliki manfaat untuk sakit kepala. Apa .... read more