Makan cukup memang bisa memulihkan kondisi saat sakit menyerang. Termasuk ketika flu dan batuk datang.  Tapi pastikan menu yang kamu santap tidak membuat batuk yang kamu derita semakin parah. Aneka hidangan berikut sebaiknya kamu hindari ketika mengalami batuk.

Susu
Kalau batuk Anda berdahak, hindari konsumsi makanan atau minuman yang memproduksi lendir. Bagi sebagian orang, mengonsumsi susu bisa merangsang produksi lendir di saluran pernapasan termasuk tenggorokan dan paru-paru. Makanan turunan dari susu pun juga bisa berakibat serupa.

Kafein
Dehidrasi membuat tenggorokan terasa kering dan serak, sehingga memicu batuk. Minumlah banyak air tapi hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein karena bisa memicu keinginan buang air kecil yang bisa membuat tubuh kehilangan cairan lagi.

Gorengan
Minyak adalah pemicu batuk yang utama. Makanan yang digoreng dalam minyak panas akan membentuk senyawa yang beraksi sebagai alergen yang membuat tenggorokan gatal dan batuk Anda semakin parah.

Makanan instan
Makanan dengan nutrisi yang rendah baik dari vitamin, mineral, maupun serat dapat membuat kondisi tubuh semakin buruk. Mengapa? Nutrisi berperan penting dalam kinerja daya imun tubuh dalam melawan infeksi tubuh yang menyebabkan penyakit termasuk batuk. Pilih bahan makanan alami ya.

Kalau batuk Anda tidak tertahankan, mengonsumsi obat pereda batuk bisa sangat menolong. Jika batuk Anda berdahak, konsumsi bodrex untuk batuk berdahak. bodrex Flu & Batuk berdahak PE dengan kombinasi paracetamolphenylephrineglyceryl guaiacolate dan bromhexine, efektif mengencerkan dahak dan mengatasi rasa gatal di tenggorokan.  

Foto: Shutterstock

ARTIKELTERKAIT

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?
26-February-2020

Makanan Pereda Flu dan Batuk, Mana Favorit Anda?

Oleh karena itu, simak beberapa rekomendasi makanan pereda flu dan batuk yang bisa Anda konsumsi berikut ini. .... read more
Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah
17-March-2020

Bagaimana Menangani Sakit Flu dan Batuk Tanpa Kantuk Saat Bekerja di Rumah

Lalu, bagaimana cara mengatasi sakit flu dan batuk tanpa menimbulkan kantuk saat beraktivitas, terutama bekerja di rumah saat menghadapi .... read more
Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu
10-March-2020

Penting Disimak, Ini Dia Gejala dan Pengobatan Flu dan Batuk di Cuaca yang Tidak Menentu

Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai gejala dan pengobatan flu dan batuk di cuaca yang tidak menentu berikut ini. .... read more