Jangan abaikan stres! Stres yang tak kunjung reda bisa mengakibatkan sakit kepala berkepanjangan lho. Maka itu stres harus cepat diatasi. Jika Anda atau orang terdekat Anda sering mengalami stres, mungkin adanya hewan peliharaan bisa menghibur dan membantu meningkatkan hormon serotonin yang bisa bikin bahagia. Yuk bermain dengan hewan peliharaan berikut agar stres bisa terusir :

1. Kucing
Untuk Anda yang suka hewan tapi tidak mau ribet, pelihara saja kucing. Saat kita sedih, ia akan menghampiri Anda bermanja-manja mengajak Anda bermain sampai Anda pun terhibur. Para pemelihara kucing juga tidak sering direpotkan dengan perawatannya, kecuali mungkin untuk vaksin dan grooming secara berkala. Untuk urusan makan dan bermain pun biasanya kucing lebih mandiri, apalagi kucing jenis lokal.

2. Anjing
Nggak salah kalau anjing disebut sebagai sahabat manusia. Anjing yang pintar tahu banget gimana cara menghibur tuannya yang sedang badmood. Ia nggak akan membiarkan Anda suntuk sendirian. Ia juga bisa berubah jadi manja pada Anda dan mengajak Anda bermain.

3. Ikan
Di saat stres, memandangi ikan warna-warni yang hilir mudik dalam akuarium indah bisa jadi sumber relaksasi yang menenangkan. Memelihara ikan juga terbilang mudah dan lebih low-maintenance dibanding merawat hewan mamalia. Kecuali kalau ini sudah menjadi hobi utama Anda, ya. Karena kalau kamu gemar berburu ikan hias, merawat akuarium air asin yang cantik, atau membuat kolam ikan koi, tidaklah mengherankan kalau Anda harus merogoh kocek lebih dalam. Tapi tenang saja, pengorbanan Anda akan terbayar dengan rumah atau kantor yang jadi lebih cantik.

4. Hamster
Hamster yang lincah dan lucu bisa bikin Anda merasa bersemangat. Saat Anda memberi mereka makan, moncong mungil hamster akan bergera­­­­­k-gerak kecil dengan imutnya. Hamster juga suka bermain. Sehingga Anda akan terhibur melihat mereka berinteraksi dengan permainan seperti hamster wheel di dalam kandangnya.

5. Kelinci
Kelinci yang bentuknya gempal menggemaskan sering dijadikan tokoh kartun yang imut. Nggak cuma itu, memelihara kelinci juga bisa menghibur di saat stress. Selain itu, kelinci bisa dilatih berbagai trik kocak yang bisa bikin kamu tertawa terbahak-bahak. Coba saja gendong kelinci berbulu halus yang yang selalu riang, lincah melompat ke sana kemari tetapi tidak ribut. Kelinci juga mudah di beri makan, hanya dengan sayur mayur dan rumput.

6. Burung
Bagi beberapa orang, rasanya belum seperti di rumah kalau belum mendengar kicauan burung kesayangan. Burung yang cantik dan pintar berkicau, tentu membuatmu jadi sedikit lebih tenang. Sedangkan burung yang pintar meniru seperti kakaktua, beo, atau nuri, juga bisa kamu latih untuk mempelajari arti kata-kata dan meniru suara tertentu. Contohnya Alex, si nuri pintar yang konon berkemampuan inteligensia setara anak usia 5 tahun! Hingga akhir hayatnya di umur 31 tahun, Alex sudah bisa berhitung sederhana, mengenal warna, dan mengobrol dengan pelatihnya.

ARTIKELTERKAIT

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala
26-October-2019

Kurangi Konsumsi Makanan ini Jika Anda Sering Sakit Kepala

faktanya ada beberapa jenis makanan yang dapat memicu bahkan memperburuk sakit kepala Anda. Itu sebabnya Anda perlu menghindari atau membatasi .... read more
Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini
25-October-2019

Sering Sakit Kepala? Ganti Sarapan Anda dengan 4 Menu Ini

Berikut ini adalah rekomendasi menu sarapan yang sehat sekaligus aman dikonsumsi oleh para penderita sakit kepala. Apa saja ya? .... read more
Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda
24-October-2019

Penyebab Sering Sakit Kepala Pada Anak Muda

tiga faktor penyebab sakit kepala pada anak muda adalah kurang tidur, kurang berolahraga, dan terlalu lama screen time dengan .... read more