Hati-hati, Inilah 5 Alasan yang Sering Bikin Sakit Kepala Kumat!

Hati-hati, Inilah 5 Alasan yang Sering Bikin Sakit Kepala Kumat!

Datangnya memang tiba-tiba, namun sakit kepala tidak mungkin hadir tanpa alasan. Pasti ada penyebab di balik gejala yang Anda rasakan, meski Anda tidak selalu menyadarinya. Hati-hati, Inilah 5 Alasan yang Sering Bikin Sakit Kepala Kumat!

1. Stres

Mungkin penyebab terbesar dari segala jenis sakit kepala yang Anda alami. Bahkan sebuah penelitian pernah mengungkapkan bahwa 50-70% orang memiliki hubungan yang signifikan antara tingkat stres harian dan sakit kepala harian mereka. Coba temukan pemicu stres Anda dan cobalah untuk menguranginya. Lakukan juga terapi relaksasi, meditasi, olahraga, dan menjaga jadwal tidur yang konsisten untuk membantu mengelola stres. Strategi ini mungkin tidak akan menghilangkan semua stres dari hidup Anda, tetapi dapat mengubah respons fisiologis tubuh Anda terhadap stres dan dengan demikian mengurangi kemampuan stres untuk memicu sakit kepala.

2. Perubahan atau jadwal tidur yang tidak teratur

Hubungan sakit kepala dan  tidur tidak dapat disangkal. Tidur pada dasarnya akan ‘memperbaiki’ semua bagian tubuh—termasuk otak—, sehingga apabila jam tidur Anda tidak teratur, Anda lebih rentan mengalami sakit kepala. Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam, dan usahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam. Kurangi  enonton TV, bertukar pesan lewat aplikasi, membaca, dan mendengarkan musik saat di tempat tidur, dan cobalah untuk tidak tidur di siang hari agar rasa kantuk datang di waktu yang konsisten.

3. Hormon

Wanita lebih mungkin mengalami sakit kepala akibat perubahan hormon baik sakit kepala migrain ataupun sakit kepala lainnya. Sakit kepalayang dipicu hormon paling sering terjadi menjelang atau pada saat menstruasi. Meskipun tidak bisa dihindari, namun Anda bisa mengendalikannya dengan menjaga pola hidup sehat dan pola makan.

4. Paparan dan perubahan cuaca

Kehujanan, terpapar panas yang berlebihan, dan perubahan tekanan barometrik adalah pemicu sakit kepala yang diakibatkan oleh cuaca. Kelembapan dan panas yang tinggi dapat dengan mudah menyebabkan dehidrasi yang juga merupakan salah satu pemicu sakit kepala. Meski tidak bisa mengendalikan cuaca, namun Anda bisa melakukan beberapa tindakan preventif seperti membawa payung, jas hujan, dan melihat perkiraan cuaca sebelum membuat rencana.

5. Terlambat makan

Siapa sangka bahwa seringnya telat makan juga dapat menjadi pemicu sakit kepala disertai, mood swing, kurangnya daya fokus, bahkan rasa mual. Oleh sebab itu sangat penting untuk memiliki selalu miliki jam makan yang teratur dan dengan menu bergizi seimbang untuk menghindari munculnya sakit kepala akibat terlambat makan. Pastikan juga menu yang Anda konsumsi mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh dan hindari terlalu sering mengonsumsi junk food.

Sakit kepala bisa datang kapan saja dan dimana saja, termasuk saat Anda sedang berada dalam situasi penting. Itu sebabnya, sangat penting untuk selalu sedia obat sakit kepala yang sesuai dengan gejala yang dialami, pilihlah obat sakit kepala yang bekerja cepat dan tidak menyebabkan rasa kantuk agar aktivitasmu tetap berjalan lancar.